Bola Internasional

Selamat Ulang Tahun Samuel Eto'o, Mr Double Treble!

Rabu, 11 Maret 2020 16:28 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Hari Selasa kemarin (10/03/20), Samuel Eto’o merayakan hari ulang tahunnya. Copyright: © Getty Images
Hari Selasa kemarin (10/03/20), Samuel Eto’o merayakan hari ulang tahunnya.

INDOSPORT.COM – Hari Selasa kemarin (10/03/20), Samuel Eto’o, salah satu pesepak bola tersukses dari benua Afrika baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-39.

Gantung sepatu pada tahun 2019 lalu, karier Eto’o membentang dari Real Madrid di LaLiga Spanyol hingga Qatar SC di Liga Qatar. Pesepak bola kelahiran Kamerun tersebut tercatat pernah membela 13 klub di enam negara selama 22 tahun.

Selama 22 tahun berkarier di lapangan hijau, penyerang yang terkenal cepat dan mematikan di depan gawang ini berhasil meraih hampir segalanya yang diinginkan oleh pesepak bola lain.

Eto’o tercatat pernah meraih 3 trofi Liga Champions, 3 trofi LaLiga Spanyol, 2 trofi Piala Afrika, 2 trofi Copa del Rey, 2 trofi Coppa Italia, 1 trofi Serie A Liga Italia, 1 trofi Piala Dunia Antarklub, dan 4 gelar Pemain Terbaik Afrika.

Sebuah catatan yang membuat dirinya kerapkali disebut sebagai penyerang terbaik dari Afrika sepanjang masa.

Selain raihan tersebut, hingga saat ini Eto’o masih tercatat sebagai satu-satunya pesepak bola yang berhasil meraih dua kali treble di dua klub berbeda, Barcelona dan Inter Milan.

Istimewanya lagi, dua treble tersebut diraih secara beruntun, 2008-2009 bersama Barcelona dan 2009-2010 bersama Inter Milan. Sungguh catatan yang akan sangat sulit dilampaui atau bahkan disamai.

Sepanjang kariernya, penyerang yang bersinar di Barcelona ini juga tercatat sebagai salah satu penyerang tersubur dengan raihan 426 gol. Saat masa jayanya bersama Ronaldinho dan Lionel Messi, Eto'o menjadi salah satu trio penyerang paling menakutkan di LaLiga Spanyol, bahkan dunia.

Pernah berada di bawah asuhan dua maestro taktik kelas wahid, Pep Guardiola serta Jose Mourinho, dan selalu menjadi pilihan pertama di kedua tim yang diasuh mereka juga menjadi bukti kualitas seorang Samuel Eto'o.

Selain itu, Eto'o juga tercatat masih memegang rekor catatan gol terbanyak sepanjang masa di Real Mallorca dan Timnas Kamerun dan dirinya pernah dua kali menjadi pemain tersubur Piala Afrika yang menjadi bukti lain kualitas dirinya.

Selamat ulang tahun, Samuel Eto’o!