Liga Indonesia

3 Stadion Klub Liga 2 2020 Miliki Kapasitas di Atas Markas Persib Bandung

Jumat, 13 Maret 2020 12:46 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Ada 3 venue klub Liga 2 2020 yang memiliki kapasitas di atas markas Persib Bandung, yakni Stadion Si Jalak Harupat, Jawa Barat. Copyright: © INDOSPORT
Ada 3 venue klub Liga 2 2020 yang memiliki kapasitas di atas markas Persib Bandung, yakni Stadion Si Jalak Harupat, Jawa Barat.

INDOSPORT.COM - Ada 3 venue klub Liga 2 2020 yang memiliki kapasitas di atas markas Persib Bandung, yakni Stadion Si Jalak Harupat, Jawa Barat.

Pagelaran Liga 2 2020 akan dimulai pada 14 Maret mendatang. Hal ini diutarakan langsung oleh Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Sumantri.

"Laga pembukaan Insha Allah dilaksanakan di Balikpapan pada 14 Maret antara Persiba melawan Kalteng Putra," ujar Cucu kepada awak media, Jumat (06/03/20).

Cucu juga menambahkan bahwa laga pembuka tersebut dilakukan di luar Jawa dan memilih Kalimantan supaya publik bisa melihat bagaimana wilayah calon ibu kota baru.

Menjelang bergulirnya Liga 2 2020, sebanyak 24 klub telah melakukan berbagai pembenahan mulai dari pemilihan pelatih, perekrutan pemain, hingga perbaikan stadion.

Sebab stadion merupakan sebuah tempat untuk menggelar pertandingan sepak bola. Tak hanya itu kapasitas stadion juga turut berpengaruh.

© Galang Kurniawan/INDOSPORT
Logo klub-klub Liga 2 2020. Copyright: Galang Kurniawan/INDOSPORTLogo klub-klub Liga 2 2020.

Pasalnya pemasukan klub salah satunya ialah lewat kehadiran para penonton atau suporter yang membeli tiket dan memadati stadion mereka.

Meski tak segemilang Liga 1, klub-klub di kasta kedua ternyata memiliki stadion yang kapasitasnya lewati markas Persib, yaitu Si Jalak Harupat.

Seperti diketahui kalau Stadion Si Jalak Harupat memiliki kapasitas hingga 27 ribu penonton. Kemungkinan juga bisa lebih mencapai 30 ribu orang.

Kendati begitu ternyata ada sejumlah klub-klub Liga 2 2020 yang memiliki stadion cukup megah dan mempunyai kapasitas yang lebih besar dari markas Persib.

1. PS Hizbul Wathan

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Antrean penonton yang akan masuk dalam Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTAntrean penonton yang akan masuk dalam Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Klub anyar PS Hizbul Wathan yang kini tampil di Liga 2 2020 usai mengakuisisi Semeru FC diketahui memilih Stadion Gelora Delta, Sidoarjo sebagai markas mereka.

PS Hizbul Wathan merupakan bentukan dari PW Muhammadiyah Jawa Timur. Bahkan mereka menunjuk legenda Persebaya Yusuf Ekodono sebagai pelatih.

Di sisi lain Stadion Gelora Delta, Sidoarjo memiliki kapasitas hingga 35 ribu kursi dan bisa saja lebih. Artinya kapasitas markas PS Hizbul Wathan masih di atas Persib.

2. PSIM Yogyakarta

© ariajelo.blogspot.co.id
Salah satu tribun di Stadion Sultan Agung, Blitar. Copyright: ariajelo.blogspot.co.idSalah satu tribune di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Berikutnya ada PSIM Yogyakarta yang bermain di Liga 2 2020 dan memilih Stadion Sultan Agung, Bantul sebagai markas mereka dalam mengarungi semusim.

Kapasitas Stadion Sultan Agung, Bantul diketahui mampu mencapai 35 ribu penonton. Venue ini dibuat sejak 2004 silam dan dibuka pada 24 Juni 2007 serta sempat direnovasi pada 2008.

Melihat kapasitas Stadion Sultan Agung sangat besar bisa disebut sebagai telah melampui markas Persib, yakni Stadion Si Jalak Harupat (27 ribu kursi).

3. Persiba Balikpapan

© Indosport/Teddy Rumengan
Pembangunan Stadion Batakan tertunda karena kendala anggaran. Copyright: Indosport/Teddy RumenganPembangunan Stadion Batakan tertunda karena kendala anggaran.

Terakhir ada klub Liga 2 2020 yang berasal dari Kalimantan Timur, yakni Persiba Balikpapan. Diketahui kalau Persiba bermarkas di Stadion Batakan.

Stadion Batakan kerap disebut-sebut sebagai Emirates Stadium-nya Indonesia. Karena kemegahan yang luar biasa ditambah mampu menampung 40 ribu penonton.

Stadion yang dibangun sejak 2011 hingga 2017 ini ternyata melampaui markas Persib di Liga 1. Bahkan Stadion Batakan juga menjadi yang terbesar dari para peserta Liga 2 2020.

1