Liga Indonesia

Jelang Kick-off Liga 2 2020, Intip Laga Pembuka dalam 3 Musim Terakhir

Sabtu, 14 Maret 2020 12:55 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© pabidaian.blogspot/Wikipedia
Tak ada salahnya untuk mengintip setiap laga pembuka Liga 2 dalam tiga musim terakhir menjelang duel Persiba Balikpapan vs Kalteng Putra, Sabtu (14/3/20). Copyright: © pabidaian.blogspot/Wikipedia
Tak ada salahnya untuk mengintip setiap laga pembuka Liga 2 dalam tiga musim terakhir menjelang duel Persiba Balikpapan vs Kalteng Putra, Sabtu (14/3/20).

INDOSPORT.COM - Tak ada salahnya untuk mengintip setiap laga pembuka Liga 2 dalam tiga musim terakhir menjelang duel Persiba Balikpapan vs Kalteng Putra, Sabtu (14/3/20).

Seperti diketahui, pagelaran Liga 2 2020 memang dimulai pada 14 Maret. Hal ini diutarakan langsung oleh Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Cucu Somantri.

"Laga pembukaan Insha Allah dilaksanakan di Balikpapan pada 14 Maret antara Persiba melawan Kalteng Putra," ujar Cucu kepada awak media, Jumat (6/3/20), lalu.

Pertandingan Persiba vs Kalteng Putra bakal berlangsung di Stadion Batakan, Kalimantan Timur, akhir pekan ini, pukul 18.30 WIB.

Musim ini terdapat regulasi baru, di mana dua klub teratas dari masing-masing wilayah (barat dan timur) berhak promosi ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Sedangkan untuk posisi kedua dari masing-masing wilayah juga akan melakoni pertandingan penentu untuk mencari klub terakhir yang promosi.

Untuk tiga klub terbawah dari wilayah barat dan timur masih tetap akan mengalami degradasi. Sehingga bisa disebut kalau ajang Liga 2 2020 semakin ketat.

Kendati demikian ternyata ada hal-hal menarik yang bisa ditelisik bersama akan pertandingan pembuka di Liga 2 sejak 2017 lalu. Bagaimana kira-kira?

2017

© Prima Pribadi/ Indosport
Laga antara PSS Sleman dan PSCS Cilacap di pertandingan pembuka Liga 2. Copyright: Prima Pribadi/ IndosportLaga antara PSS Sleman dan PSCS Cilacap di pertandingan pembuka Liga 2.

Pada Liga 2 2017, pertandingan pembuka mempertemukan PSS Sleman vs PSCS Cilacap di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, awal April.

Diwarnai hujan deras yang mengguyur sekitar Sleman, laga PSS vs PSCS berakhir dengan skor 0-1. Gelandang Galih Akbar Febrian menjadi satu-satunya pencetak gol di laga tersebut.

2018

© INDOSPORT/Arief Setiadi
Persis vs Semen Padang Copyright: INDOSPORT/Arief SetiadiLaga pembuka Liga 2 2018, Persis Solo vs Semen Padang di Stadion Manahan.

Kemudian pertandingan pembuka Liga 2 2018 mempertemukan Persis Solo vs Semen Padang di Stadion Manahan, Jawa Tengah, akhir April.

Pertandingan tersebut berjalan cukup ketat, dimana Laskar Samber Nyawa sukses meraih kemenangan dari Kabau Sirah dengan skor telak 3-0.

2019

© INDOSPORT.COM
Logo klub sepak bola nasional Persik Kediri. Copyright: INDOSPORT.COMLogo klub sepak bola nasional Persik Kediri.

Terakhir, pertandingan pembuka Liga 2 2019, ada laga Persik Kediri vs PSBS Biak di Stadion Brawijaya, Jawa Timur, akhir Juni silam.

Bermain di hadapan publik sendiri membuat Macan Putih mampu menaklukan Cendrawasih Kuning dengan skor cukup telak, yakni 4-0.

Melihat sejumlah kejadian di laga pembuka Liga 2 dalam tiga musim terakhir ternyata membuat tim tuan rumah selalu menang dari lawannya.

Bahkan, laga pembuka selalu ada gol serta nirbobol (clean sheet) yang terjadi. Menarik menantikan bagaimana jalannya laga Persiba vs Kalteng Putra.