Liga Indonesia

Deretan Klub Liga 2 2020 Gunakan Jasa Pelatih Berlisensi Tinggi

Senin, 9 Maret 2020 13:54 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berikut ini merupakan deretan klub Liga 2 2020 yang menggunakan jasa pelatih berlisensi tinggi. Siapa saja kira-kira? Simak.

Pagelaran Liga 2 2020 bakal dimulai pada 14 Maret mendatang. Hal ini sudah disampaikan oleh Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Sumantri.

"Laga pembukaan insyaAllah dilaksanakan di Balikpapan pada tanggal 14 antara Persiba melawan Kalteng Putra," ujar Cucu, Jumat (06/03/20).

Cucu juga menambahkan kalau laga pembuka tersebut dilakukan di luar Jawa dan memilih Kalimantan supaya publik bisa melihat bagaimana wilayah calon ibu kota baru.

Musim ini ada sebuah regulasi baru, di mana juara grup dari masing-masing wilayah berhak untuk promosi ke kasta teratas sepak bola Indonesia musim depan.

Meski begitu dua jawara grup ini akan melakoni pertandingan final guna menentukan siapa yang menjadi juara Liga 2 2020.

Kemudian para runner up masing-masing wilayah juga akan melakoni pertandingan penting guna menentukan siapa yang berhak lolos dengan predikat peringkat tiga.

Selain itu tiga klub terbawah dari masing-masing wilayah tetap mengalami degradasi. Sehingga semakin menarik untuk dinikmati bersama oleh para penggemar sepak bola nasional.

Namun ada hal menarik yang bisa dicermati bersama jelang bergulirnya Liga 2. Pasalnya ada sederet klub yang memakai jasa pelatih dengan lisensi tertinggi.

Pasalnya untuk menangani klub Liga 2, tiap pelatih harus memegang lisensi B AFC. Artinya deretan juru taktik ini telah melewati aturan tersebut.

1. Raja Isa

© Indosport/Ian Setiawan
Direktur Teknik DPFF MU, Raja Isa saat mendampingi skuatnya beruji coba dengan Timnas U-19. Copyright: Indosport/Ian SetiawanDirektur Teknik DPFF MU, Raja Isa saat mendampingi skuatnya beruji coba dengan Timnas U-19.

Pelatih asal Malaysia yang kini menukangi PSPS Riau di Liga 2 2020, Raja Isa menjadi salah satu pelatih dengan lisensi tertinggi sejauh ini.

Diketahui kalau Raja Isa memegang lisensi AFC Pro sejak 2017 lalu. Artinya Raja Isa mampu melatih klub manapun di dunia, termasuk tim nasional.

Raja Isa tak asing dengan dunia sepak bola Indonesia usai pernah melatih beberapa klub seperti Persipura, PSM, PSMS, hingga kini PSPS Riau.

2. Seto Nurdiyantoro

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Lokasi latihan PSIM Yogyakarta di Lapangan Kenari dekat dengan rumah, Seto Nurdiyantoro pilih gunakan sepeda sebagai transportasi Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTLokasi latihan PSIM Yogyakarta di Lapangan Kenari dekat dengan rumah, Seto Nurdiyantoro pilih gunakan sepeda sebagai transportasi

Kemudian ada pelatih PSIM Yogyakarta Seto Nurdiyantoro yang kini kembali berjibaku di Liga 2 2020. Pasalnya Seto sempat melatih PSS pada musim 2018 lalu.

Seto telah resmi menyandang predikat lisensi kepelatihan Pro AFC sejak September 2019 lalu. Seto lulus usai digelar PSSI.

Pelatih berusia 45 tahun ini sempat membawa PSS promosi dengan predikat juara Liga 2 2018. Kini kemampuan Seto mengantarkan PSIM naik kasta bakal diuji.

3. Eduardo Almeida

© semenpadangfc.co.id
Eduardo Almeida, Pelatih baru Semen Padang Copyright: semenpadangfc.co.idEduardo Almeida, Pelatih baru Semen Padang

Selanjutnya ada pelatih asal Portugal Eduardo Almeida yang kini menangani klub asal Sumatera Barat Semen Padang di Liga 2 2020.

Almeida memegang lisensi UEFA Pro sejak 2011 silam dari federasi sepak bola Portugal. Tak hanya itu Almeida juga mendapatkan gelar Pendidikan Olahraga dan Fisik dari Universitas Lusofana.

Selain tiga nama barusan, ada pula Ricky Nelson, Jafri Sastra, I Putu Gede Dwi Santoso yang kini tengah mengikuti kursus kepelatihan lisensi Pro AFC pada 23 Maret 2020 hingga selesai.