Liga Indonesia

Ada Eks Persib, 10 Klub Liga 2 2020 Dilatih Sosok Berlabel Timnas Indonesia

Minggu, 8 Maret 2020 12:44 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© pabidaian.blogspot/Wikipedia
Terdapat 10 klub Liga 2 2020 yang dilatih oleh sosok berlabel Timnas Indonesia, di mana di dalamnya ada legenda Persib Bandung. Copyright: © pabidaian.blogspot/Wikipedia
Terdapat 10 klub Liga 2 2020 yang dilatih oleh sosok berlabel Timnas Indonesia, di mana di dalamnya ada legenda Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Terdapat 10 klub Liga 2 2020 yang dilatih oleh sosok berlabel Timnas Indonesia, di mana di dalamnya ada legenda Persib Bandung.

Kompetisi Liga 2 bakal bergulir pda 14 Maret 2020 mendatang. Pertandingan pertama ialah Persiba Balikpapan vs Kalteng Putra.

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Cucu Sumantri, di Hotel Four Point, Jakarta kepada para pewarta.

"Laga pembukaan insyaAllah dilaksanakan di Balikpapan pada tanggal 14 antara Persiba melawan Kalteng Putra," ucap Cucu, Jumat (06/03/20).

Di sisi lain, 24 klub Liga 2 2020 telah memantapkan diri guna bisa menjalani musim yang cukup padat ini. Terlebih ada regulasi baru yang diterapkan.

Dimana juara grup masing-masing berhak lolos ke Liga 1. Lalu dua klub ini juga harus bertarung di pertandingan final guna mendapatkan juara.

Kemudian posisi runner up dari masing-masing wilayah juga harus menjalani pertandingan penting guna bisa merebut satu tiket promosi terakhir.

Selain mendaratkan, mempertahankan, serta melepas pemain, para peserta Liga 2 juga turut menunjuk pelatih berkualitas.

Bahkan sejumlah klub turut memilih sosok berlabel Timnas Indonesia untuk bisa berbicara banyak di Liga 2 2020. Lantas siapa saja klub yang merekrut pelatih tersebut?

Wilayah Barat

1. Herry Kiswanto

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Sulut United, Herry Kiswanto. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTPelatih Sulut United, Herry Kiswanto. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Pelatih kelahiran Banda Aceh Herry Kiswanto merupakan pelatih berlabel Timnas Indonesia yang akan bertarung di Liga 2 2020 nanti sebagai pelatih Cilegon United.

Herry merupakan mantan Libero Timnas Indonesia periode 1981-1996. Kala masih membela Timnas Indonesia, Herry membuat tiga gol dari 40 laga.

2. Yusuf Ekodono

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Yusuf Ekodono saat ikut bertanding di stadion Gelora 10 November. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTYusuf Ekodono saat ikut bertanding di stadion Gelora 10 November.

Berikutnya ada pelatih berusia 52 tahun Yusuf Ekodono yang juga berlabel Timnas Indonesia. Yusuf saat ini resmi menukangi PS Hizbul Wathan di Liga 2 2020.

Semasa bermain, Yusuf berposisi sebagai gelandang. Yusuf juga bermain untuk Timnas Indonesia periode 1991-98. Total dirinya hanya bermain lima kali dan mengemas dua gol.

3. Seto Nurdiyantoro

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Lokasi latihan PSIM Yogyakarta di Lapangan Kenari dekat dengan rumah, Seto Nurdiyantoro pilih gunakan sepeda sebagai transportasi Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTLokasi latihan PSIM Yogyakarta di Lapangan Kenari dekat dengan rumah, Seto Nurdiyantoro pilih gunakan sepeda sebagai transportasi

Kemudian ada Seto Nurdiyantoro yang juga merupakan pelatih berlabel Timnas Indonesia. Seto diketahui menangani klub Liga 2 2020 PSIM Yogyakarta.

Seto pernah bermain untuk Timnas Indonesia pada 1991-2001 dengan mengemas tiga gol dari 14 penampilan. Seto turut membawa Timnas Indonesia menjadi runner up Piala Tiger 2000.

4. Robby Darwis

© Ian Setiawan
Robby Darwis, menilai sudah saatnya Timnas Indonesia di level senior meraih trofi juara Piala AFF, setelah didahului oleh para juniornya di timnas U-16 dan U-19 Copyright: Ian SetiawanRobby Darwis, menilai sudah saatnya Timnas Indonesia di level senior meraih trofi juara Piala AFF, setelah didahului oleh para juniornya di timnas U-16 dan U-19.

Legenda Persib Bandung Robby Darwis merupakan salah satu pelatih berlabel Timnas Indonesia yang kini menangani klub promosi Liga 2 2020 PSKC Cimahi.

Robby Darwis merupakan pemain Timnas Indonesia periode 1987-97 dengan membuat enam gol dari 53 laga. Robby turut menyumbang medali emas di SEA Games 1987 dan 1991.

5. Putut Wijanarko

© INDOSPORT/Fitra Herdian
Putut Wijanarko, pelatih Persigo Semeru FC Copyright: INDOSPORT/Fitra HerdianPutut Wijanarko, pelatih Perserang.

Selanjutnya ada pelatih Perserang Putut Wijanarko yang juga bisa disebut sebagai juru taktik berlabel Timnas Indonesia di Liga 2 2020.

Putut diketahui sempat masuk ke skuat Timnas Indonesia 1992-95, serta pernah tampil di Piala Asia yang berlangsung di Qatar.

Wilayah Timur

6. Elie Aiboy

© Twitter/@Liga2Match
Asisten pelatih Persewar Waropen Elie Aiboy di Liga 2 2019/ Copyright: Twitter/@Liga2MatchPelatih Persewar Waropen Elie Aiboy di Liga 2 2019/

Bertolak ke wilayah timur, di mana ada mantan winger kelahiran Jayapura Elie Aiboy. Pria berusia 40 tahun itu kini menukangi Persewar Waropen di Liga 2 2020.

Elie diketahui sempat menjadi pemain Timnas Indonesia (2001-12). Dirinya sukses membuat delapan gol dari 48 penampilan di seluruh ajang.

7. Salahudin

Salahudin dan Salahudin dan 'Kehadiran' pelatih asal Rusia Anatoli Polosin di Persis Solo.

Lalu ada nama Salahudin yang mungkin terdengar asing bagi penggemar sepak bola nasional. Namun siapa sangka kalau ia merupakan eks personel timnas Indonesia 1989-1994 silam.

Pelatih yang dulunya bermain di posisi bek ini sekarang menangani Persis Solo. Terlebih kompetisi Liga 2 sudah tak asing bagi Salahudin sejauh ini.

8. Jaya Hartono

© Pelatih Perserang Serang, Jaya Hartono.
Pelatih Perserang Serang, Jaya Hartono. Copyright: Pelatih Perserang Serang, Jaya Hartono.Pelatih Perserang Serang, Jaya Hartono.

Mantan juru taktik Persib Jaya Hartono juga merupakan pelatih berlabel Timnas Indonesia. Jaya kini menangani PSCS Cilacap di Liga 2 2020.

Jaya Hartono juga merupakan mantan pemain Timnas Indonesia 1986-90. Total pelatih kelahiran Medan, Sumatera Utara 56 tahuh itu membuat sembilan penampilan saja.

9. I Putu Gede

© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih BaBel United menjawab soal laga timnya menghadapi PSMS Medan harus kembali alami penundaan. Copyright: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORTPelatih BaBel United menjawab soal laga timnya menghadapi PSMS Medan harus kembali alami penundaan.

Pelatih asal Bali I Putu Gede juga bisa disebut sebagai juru skema berlabel Timnas Indonesia. Kini I Putu Gede resmi menangani Putra Sinar Giri di Liga 2 2020.

I Putu Gede juga pernah bermain untuk Timnas Indonesia pada 2000-06. Pria yang dulunya berposisi sebagai gelandang itu membuat 19 penampilan tanpa gol.

10. Widyantoro

© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Widyantoro saat memimpin PSIS pasca sepeninggal Jafri Sastra. Copyright: Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORTWidyantoro saat memimpin PSIS pasca sepeninggal Jafri Sastra.

Terakhir ada pelatih asal Magelang Widyantoro yang kini menangani Persijap Jepara di Liga 2 2020. Widyantoro juga dapat disebut pelatih berlabel Timnas Indonesia.

Widyantoro diketahui pernah membela Timnas Indonesia pada 1990-92 silam. Namun tak diketahui secara pasti berapa kali bermain dan jumlah mencetak golnya.