Liga Indonesia

Resmi! Kemenpora dan PSSI Hentikan Liga 1 dan Liga 2 karena Virus Corona

Sabtu, 14 Maret 2020 21:07 WIB
Penulis: Zainal Hasan, Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter/@Liga1Match
Logo Liga 1 2020. Copyright: © Twitter/@Liga1Match
Logo Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM – Setelah wabah virus Corona naik status menjadi darurat nasional, kini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta induk sepak bola nasional, PSSI pun memutuskan untuk menunda jalannya kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 per hari Senin (16/03/20).

Kabar ini disampaikan langsung oleh Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan usai membuka kick-off kompetisi Liga 2 2020 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (14/03/20) malam.

“Perkembangan tentang penyebaran virus Corona makin meluas, dan dibutuhkan kewaspadaan tinggi khususnya untuk penyelenggaraan kegiatan-kegiatan keolahragaan, termasuk disitu adalah kegiatan sepak bola,” papar Menpora Zainudin Amali kepada awak media.

“Dari hasil diskusi, disepakati memang bahwa Liga 1 mulai Senin ini sudah harus berhenti, dan memang ada off. Yang kita diskusikan adalah Liga 2,” timpal Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Kompetisi Liga 2 memang baru saja dibuka lewat pertandingan antara Persiba Balikpapan vs Kalteng Putra. Kemudian pada Minggu (15/03/20) besok, masih ada sepuluh pertandingan baik dari grup Barat maupun Timur.

“Dari kesimpulan yang ada, secara formal kita panggil petinggi klub di hari Senin. PT LIB sudah menyampaikan dan hampir semua menyetujui, Liga 2 pun besok terakhir, sepuluh pertandingan, sehingga Senin sudah tidak ada pertandingan baik Liga 1 dan Liga 2,” tambah Iwan.

Penundaan kompetisi ini rencananya akan dilangsungkan selama dua pekan kedepan. Namun, andai wabah penyebaran virus Corona masih belum dapat ditanggulangi, maka ada kemungkinan penundaan ini menjadi lebih lama.