Liga Indonesia

Tanda Tanya Kelanjutan Liga 1 2020 di Tengah Wabah Corona, Tergantung PSSI?

Sabtu, 14 Maret 2020 11:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© getwallpapers.com/wikipedia
Ilustrasi logo Liga 1 2020. Copyright: © getwallpapers.com/wikipedia
Ilustrasi logo Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Virus Corona telah menjadi momok di dunia, bahkan wabah ini sudah menerjang dunia olahraga, terutama sepak bola. Tak sedikit kompetisi elite yang terpaksa berhenti sementara, sebut saja Liga Inggris, Liga Italia, Liga Thailand, dan Liga Malaysia.

Lantas, bagaimana dengan kompetisi teratas di Indonesia atau kerap disebut Liga 1? Menpora Zainudin Amali sudah melakukan pertemuan terkait hal ini.

Tak hanya dengan pemangku jabatan PSSI, Menpora juga memanggil sejumlah petinggi cabang olahraga lain yang berlangsung di Indonesia, antara lain perwakilan dari Kemenkes, KONI, NOC, FORMI, PSSI, PBVSI, PERBASI, PT LIB, Proliga, dan IBL. 

Keputusan dari Zainudin Amali adalah menyerahkan kepada masing-masing federasi perihal kebijakan kelangsungan kegiatan olahraga yang mereka naungi, termasuk Liga 1 2020

"Pernyataan dari WHO sebagaimana yang sudah diberitakan, tentu kami tidak mengacuhkan dan harus serius, tapi tetap tak boleh panik juga. Saya mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan, kesehatan, dan kebugaran dengan tetap berolahraga," kata Menpora.

"Mengenai kegiatan olahraga yang sedang dan akan berlangsung, kami serahkan kepada induk organisasi masing-masing. Mereka semua sudah mendengarkan pandangan dari Kementerian Kesehatan dan saya kira ini menjadi rujukan kebijakan masing-masing," ucap Zainudin. 

Demi memperhatikan keselamatan umum, Kemenpora menghimbau kegiatan-kegiatan olahraga yang melibatkan orang banyak, disarankan untuk memperhatikan situasi dan kondisi secara sungguh-sungguh.

"Segala kegiatan olahraga, baik yang berlangsung di dalam maupun luar negeri, diserahkan kepada induk organisasi masing-masing. Syaratnya tentu dengan memperhatikan perkembangan penyebaran virus corona di Tanah Air," pungkas Zainudin Amali.

Berikut kesimpulan rapat Menpora dengan para Stake Holder olahraga menyikapi Virus Corona:

A. Memperhatikan pernyataan WHO bahwa virus corona (COVID-19) telah menjadi pandemi dan perkembangan penyebaran virus corona di Tanah Air telah meluas. 

B. Kemenpora menghimbau masyarakat untuk tetap aktif, beraktivitas fisik, lebih menjaga kebersihan serta hidup sehat, dan meningkatkan kebugaran. 

C. Demi memperhatikan keselamatan umum, Kemenpora mengimbau kegiatan-kegiatan olahraga yang melibatkan orang banyak disarankan memperhatikan situasi dan kondisi di tempat kegiatan dengan sungguh-sungguh. 

D. Kebijakan tentang keberlangsungan kegiatan olahraga yang sedang dan akan dilaksanakan baik di dalam dan luar negeri diserahkan kepada induk organisasi masing-masing, dengan memperhatikan perkembangan penyebaran virus corona di Tanah Air. 

E. Kementerian Kesehatan dan Kemenpora bersama dengan stake holder olahraga akan segera merumuskan protokol tentang penanganan virus corona, khususnya di lingkungan keolahragaan.