Liga Indonesia

Terkait Virus Corona, Menpora: Tetap Berolahraga dan Jangan Panik!

Jumat, 13 Maret 2020 19:38 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali memberikan keterangan pers soal virus corona. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali memberikan keterangan pers soal virus corona.

INDOSPORT.COM - Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) baru saja menggelar rapat bersama beberapa Cabang Olahraga (Cabor) terkait sikap untuk kelangsungan olahraga Indonesia terkait penyebaran virus Covid-19 atau Virus Corona. Dari rapat ini setidaknya menghasilkan beberapa keputusan penting.

Dalam rapat yang berlangsung di Lantai 10 Kantor Kemenpora, Menpora Zainudin Amali berdiskusi bersama beberapa perwakilan Cabor. Di antaranya adalah PSSI, PBVSI, KOI, KONI serta perwakilan Kemenkes.

"Pada siang tadi sampai sore kami telah berdiskusi dengan Kemenkes dan stakeholder olahraga kita KONI, BOPI, PSSI, LIB dan lainnya. Setelah mendengarkan informasi dan pandangan pihak Kemenkes serta pandangan dari masing-masing stakeholder akhirnya menghasilkan beberapa poin penting," buka Zainudin.

"Pertama memperhatikan pernyataan WHO tentang penyebaran virus Corona yang telah menjadi pandemi dan perkembangan penyebaran virus corona meluas. Selanjutnya Kemenpora mengimbau masyarakat untuk tetap aktivitas secara fisik berolahraga dilanjutkan," jelas Zainudin.

Zainudin menjelaskan, meski kegiatan olahraga tetap dilanjutkan ia tetap meminta memperhatikan keselamatan umum. Di mana bila kegiatan olahraga tersebut berlangsung dan melibatkan orang banyak harus benar-benar memperhatikan kondisi setempat.

"Selanjutnya, demi memperhatikan keselamatan umum Kemenpora mengimbau kegiatan olahraga yang melibatkan orang banyak itu harus melihat situasi kondisi setempat harus diperhatikan dengan sungguh," tukas Zainudin.

"Selanjutnya, Kemenkes dan Kemenpora akan segera merusumuskan protokol tentang penanganan kegiatan olahraga khususnya di lingkungan olahraga. Ini sebagai tanda sangat memperhatikan apa yang menjadi pernyataan dari WHO. Di tengah keseriusan kita tidak boleh panik dengan tetap berolahraga. Jelas itu yang menjadi sikap kami," tutup Menpora.