Liga Indonesia

Soal Ancaman Corona, Pelatih Indonesia Minta Petinggi Sepak Bola Ambil Tindakan

Jumat, 13 Maret 2020 18:10 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Aji Santoso memimpin latihan klub Liga 1, Persebaya di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Aji Santoso memimpin latihan klub Liga 1, Persebaya di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

INDOSPORT.COM - Mewabahnya penyebaran Virus Covid-19 atau Virus Corona di dunia menjadi perhatian luas. Bahkan akibat virus ini sudah mengganggu jalannya kompetisi sepak bola dunia.

Bahkan pesepakbola dunia sudah positif terjangkit virus ini. Terkait hal ini, pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso angkat bicara. Aji meminta agar kondisi ini diperhatikan oleh operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

"Ya, saya turut prihatin dengan terkenanya (Mikel) Arteta oleh Virus Corona. Ini virus sudah sangat cepat menyebarnya untuk itu perlu dibahas juga masalah ini oleh petinggi-petinggi sepak bola kita. Kalau memang menyebar luas, ya, harus mengambil tindakan," tegas Aji.

Tak hanya itu, Aji juga sepakat andai PT LIB selaku operator kompetisi mengambil tindakan antisipasi, seperti yang dilakukan liga di Italia ataupun Spanyol, yang memilih menunda beberapa laga.

"Sudah banyak kompetisi yang ditunda. Artinya, ini sudah ke masalah yang serius kalau demi kebaikan dan keselamatan ditunda tidak ada masalah meski ada konsekuensi terhadap klub," ungkapnya.

Berbeda dengan Aji, Pelatih Madura United Rahmad Darmawan tak ingin kompetisi musim 2020 ini ditunda ataupun dihentikan. Baginya, masih ada langkah alternatif yang bisa dilakukan seperti diambi oleh beberapa negara di Eropa ataupun Asia Tenggara.

"Untuk Liga di Indonesaia, saya berharap bisa tetap lanjut walaupun pada kemungkinan terburuk, bermain tanpa penonton," tandasnya