Liga Inggris

5 Pencetak Gol Tertua Sepanjang Sejarah di Liga Inggris

Senin, 16 Maret 2020 17:48 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Dewasa ini jarang sekali kita melihat pesepakbola yang mampu berkarir dan tampil konsisten di usia yang lebih dari 35 tahun.

Kazuyoshi Miura mungkin menjadi antitesis, tetapi di usianya yang telah menginjak 53 tahun dirinya sudah tidak bisa lagi tampil konsisten. Tercatat, di musim 2018/19 kemarin Miura hanya tampil sebanyak 5 kali dan sama sekali tidak mencetak gol.

Namun bagi para pesepakbola ini, usianya tampaknya hanya sekadar angka. Bagaimana tidak, di usia mereka yang akan menginjak 4 dekade, mereka masih bisa tampil konsisten dan berhasil mencetak gol di Liga Inggris. Liga yang dianggap sebagai salah satu kompetisi terbaik di dunia.

Hasrat bermain yang tinggi dipadu dengan keinginan untu terus bermain di level puncak menjadikan mereka tercatat di dalam daftar pencetak gol tertua di Liga Inggris. dilansir dari Punditfeed, berikut adalah 5 pesepakbola veteran yang berhasil menjadi pencetak gol tertua di Liga Inggris.

Graham Alexander – 38 Tahun 183 Hari (Burnley)

Alexander adalah salah satu pesepakbola yang memiliki rentang karir yang panjang. Tercatat bermain secara profesional sejak tahun 1988, pemain yang sering diplot di posisi bek kanan ini resmi gantung sepatu pada tahun 2012.

Gol bersejarahnya tercipta pada laga kontra Hull City di tahun 2010. Dalam laga tersebut dirinya tercatat mencetak 2 gol dari titik putih. Menggenapi 77 gol yang berhasil dia cetak dari penalti.

Stuart Pearce – 38 Tahun 216 Hari (West Ham United)

Pearce adalah definisi nyata dari late bloomer. Menandatangani kontrak profesional pada usia 21 tahun, dirinya bermain hingga usianya menginjak 40 tahun.

Bersinar bersama Nottingham Forest di akhir tahun 80-an, Pearce berhasil tercatat ke dalam daftar pencetak gol tertua di Liga Inggris setelah sepakan keras darinya berhasil mengoyak jala Southampton pada tahun 2000. Hampir dua tahun sebelum dirinya memutuskan untuk gantung sepatu.

Ryan Giggs – 39 Tahun 87 Hari (Manchester United)

Giggs adalah salah satu contoh loyalitas dan kesuksesan bisa disatukan. Bermain hanya untuk United sejak 1990 sampai dengan tahun 2014, legenda asal Wales ini berhasil memenangkan segalanya sebagai pemain.

Melengkapi status legendanya, Giggs berhasil tercatat di dalam daftar ini setelah berhasil menyumbang gol dalam laga kontra QPR di tahun 2013 lalu. Gol yang sekaligus menjadi gol terakhir yang dia cetak sepanjang karirnya.

Dean Windass – 39 Tahun 236 Hari (Hull City)

Windass adalah pencetak salah satu pilar kunci yang berhasil mengantarkan Hull City tampil di kasta tertinggi Liga Inggris untuk kali pertama sepanjang 104 tahun klub tersebut berdiri.

Berhasil membawa The Tigers ke Liga Inggris tidak membuat pemain yang menghabiskan karirnya di divisi bawah Liga Inggris ini langsung menjadi pilihan utama. Nyatanya, Windass lebih banyak duduk di bangku cadangan daripada bermain di atas lapangan.

Gol bersejarahnya di Liga Inggris tercipta dalam laga kontra Portsmouth. Saat itu Hull City sedang tertinggal 2-1, ketika sundulan Windass berhasil masuk dan menyelamatkan The Tigers di menit-menit akhir pertandingan.

Sepuluh bulan kemudian, penyerang veteran ini memutuskan untuk gantung sepatu setelah menjalani masa peminjaman di Oldham dan menjadi pemain sekaligus pelatih di Darlington.

Teddy Sheringham – 40 Tahun 268 Hari (West Ham United)

Sheringham dikontrak oleh West Ham United  ketika usianya telah menginjak 38 tahun. Sebagian pihak memandang jika kontrak tersebut telah menjadi penutup karirnya, pasalnya saat itu West Ham masih berlaga di Divisi Championship.

Tak disangka, dirinya malah mampu membawa The Hammers kembali tampil di Liga Inggris. Hal yang juga memberinya kesempatan untuk bisa mencatatkan lebih banyak rekor di Liga Inggris.

Benar saja, dirinya masih tampil mengesankan bersama West Ham meskipun usianya sudah tak muda lagi. Dan gol yang membuatnya tercatat sebagai pencetak gol tertua di Liga Inggris tercipta ketika The Hammers menjamu Portsmouth di tahun 2006.