Liga Indonesia

Kompetisi Dihentikan Sementara, BOPI Kejar PT LIB Selesaikan Masalah Tunggakan Gaji

Senin, 16 Maret 2020 17:27 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© liga-indonesia.id
Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) mengeluarkan imbauan kepada seluruh kegiatan olahraga profesional Indonesia untuk dihentikan karena penyebaran virus Corona. Ditundanya kompetisi termasuk Liga 2 diharapkan BOPI memberi waktu bagi operator Liga untuk menyelesaikan masalah tunggakan gaji. Copyright: © liga-indonesia.id
Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) mengeluarkan imbauan kepada seluruh kegiatan olahraga profesional Indonesia untuk dihentikan karena penyebaran virus Corona. Ditundanya kompetisi termasuk Liga 2 diharapkan BOPI memberi waktu bagi operator Liga untuk menyelesaikan masalah tunggakan gaji.

INDOSPORT.COM - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) mengeluarkan imbauan kepada seluruh kegiatan olahraga profesional Indonesia untuk dihentikan karena penyebaran virus Corona. Ditundanya kompetisi, termasuk Liga 2 diharapkan BOPI memberi waktu bagi operator Liga untuk menyelesaikan masalah tunggakan gaji.

Hal ini tak lepas karena situasi penyebaran Virus Corona di Indonesia. BOPI juga menilai pengambikan keputusan ini tak lepas karena menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dan Menpora, terkait penanganan wabah vius corona, BOPI menerbitkan surat himbuan terhadap seluruh Industri olahraga di Tanah Air pada Senin (16/3/20).

Dalam pernyataan resminya ini, BOPI menghimbau seluruh kegiatan pertandingan event olahraga profesional yang melibatkan berkumpulnya orang banyak untuk saat ini dibatalkan atau sekurang-kurangnya ditunda sampai keadaannya memungkinkan.

BOPI juga memantau terus perkembangan penyebaran Covid-19 dengan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI, Pemerintah Daerah, serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 pada saatnya nanti berencana memulai kembali aktivitas event olahraga profesional.

Memang sebelum adanya himbauan ini, beberapa kegiatan dihentikan sementara. Sebut saja PSSI dan operator Liga Indonesia yakni PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menghentikan sementara kegiatan sepak bola di Indonesia.

Terkait hal ini, BOPI menyambut baik. Bahkan dengan berhenti sementara roda kompetisi, BOPI meminta LIB selaku operator menyelesaikan permasalahan hutang gaji peserta Liga 2.

"Khusus bagi Liga 2 tahun 2020 Indonesia, BOPI berharap PT Liga Indonesia Baru selaku operator Liga, mempergunakan waktu penundaan kegiatan liga ini untuk menyelesaikan masalah penunggakan gaji klub peserta Liga 2 tahun 2020 kepada para pemain, sehingga Rekomendasi BOPI yang belum keluar dapat segera diterbitkan sebelum Liga 2 tahun 2020 dimulai kembali pada saat yang memungkinkan," bunyi pernyataan tersebut.

Sebagai informasi, lima tim peserta Liga 2 2020 masih ada yang memiliki tunggakan gaji. Salah satunya adalah Kalteng Putra yang menunggak gaji pemainnya.