Liga Indonesia

Pelatih Terbaik Liga 1 Pekan Ini: Jacksen F. Tiago, Mimpi Buruk Mantan

Senin, 16 Maret 2020 11:46 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© Sudjarwo /INDOSPORT
Pelatih Terbaik Liga 1 Pekan Ini: Jacksen F. Tiago, Mimpi Buruk Mantan Copyright: © Sudjarwo /INDOSPORT
Pelatih Terbaik Liga 1 Pekan Ini: Jacksen F. Tiago, Mimpi Buruk Mantan

INDOSPORT.COM - Berikut sosok pelatih terbaik Liga 1 2020 pekan ini: Jacksen F. Tiago, juru taktik dari negeri Samba yang sukses jadi mimpi buruk sang mantan.

Dalam lanjutan pekan ketiga Liga 1 2020, sembilan laga baru saja dimainkan dan menghasilkan sejumlah kejutan serta drama di akhir pertandingan.

Salah satu partai sengit terjadi antara Persebaya vs Persipura yang berlangsung di stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (13/3/20) silam. Bertanding di kandang sendiri, tuan rumah Persebaya secara mengejutkan takluk dari sang lawan.

Persebaya harus menelan kekalahan tipis dari Persipura dengan skor 3-4, kekalahan tersebut membuat skuad berjuluk Bajul Ijo ini tertahan di papan bawah klasemen sementara Liga 1 2020.

Kegemilangan Persipura di laga kontra Persebaya kemarin, tidak lepas dari kejeniusan serta tangan dingin pelatih Jacksen F. Tiago yang cermat dalam memilih pemain dan mematahkan strategi all out attack ala Aji Santoso.

Berkat kecerdikannya di partai big match, membuat mantan arsitek Barito Putera tersebut layak mendapat gelar pelatih terbaik pekan ketiga Liga 1 2020.

Salah satu bukti kegemilangan Jacksen F. Tiago adalah dengan berani mengganti Boaz Solossa di awal laga babak pertama dan memasukkan gelandang muda Fridolin Kristof Yoku.

Tanpa penyerang murni, Persipura dipaksa bermain menggunakan false nine dengan titik tumpu Thiago Amaral. Hebatnya, taktik tersebut langsung nyetel dan berbuah manis buat Persipura. Sang pemain tampil impresif dengan mencetak dua gol serta satu assist.

Pergantian cerdas lainnya dilakukan Jacksen di menit akhir babak kedua, di mana dirinya memasukan winger lincah Yohanes Pahabol dan menggantikan Fridolin Kristof Yoku.

Keputusan tersebut sangat tepat, sebab kecepatan Pahabol mampu mengobrak-abrik lini pertahanan Persebaya dan berimbas dengan gol keempat Persipura.

Meski sukses menumbangkan tuan rumah, namun Jacksen tetap memuji Persebaya yang merupakan mantan timnya semasa aktif bermain.

"Sebenarnya, kalau kita berkaca pada tim Persebaya, tidak diragukan lagi, mereka sangat bagus di lini tengah hingga depan. Mereka hanya lemah di lini pertahanan dan kiper saja. Selebihnya, skuat mereka sudah bagus," ungkap Jacksen, Minggu (15/3/20).

Berbekal kejeniusan dan rendah hati Jacksen, membuatnya layak mendapat gelar pelatih terbaik di pekan ketiga Liga 1 2020 versi INDOSPORT.