Liga Indonesia

Waspada Virus Corona, Pemain Barito Putera Jalani Tes Kesehatan

Selasa, 17 Maret 2020 15:06 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Skuat Barito Putera Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Skuat Barito Putera

INDOSPORT.COM – Klub Liga 1 Indonesia, Barito Putera, melakukan tes kesehatan untuk para pemain dan staf sebagai bentuk antisipasi dan kewaspadaan terhadap Virus Corona atau COVID-19 yang tengah mewabah secara global.

Diungkapkan oleh pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman, hampir seluruh pemain mengikuti serangkaian tes kesehatan di RS Saru Mulia Banjarmasin, Selasa (17/03/20).

“Memang ada satu dua pemain yang izin,” ujar pria yang akrab disapa Djanur, dilansir dari Antara.

“Kita kan tidak tahu apakah kita terpapar virus Covid-19 atau tidak, ini sebagai langkah antisipasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Djanur juga tidak menampik bahwa pemeriksaan timnya ini ada kaitannya dengan isu salah satu asisten pelatih diduga positif Covid-19.

Akibatnya, klub pun mengintruksikan semua orang yang terlibat sehari-hari dalam klub ini untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan sesuai intruksi manajemen.

Usai menjalani tes, klub juga akan meliburkan para pemain, termasuk ditiadakannya latihan rutin, selama beberapa hari ke depan sambil menunggu kepastian kapan jadwal Liga 1 2020 kembali bergulir.

COVID-19, yang telah ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi, telah menginfeksi lebih dari 145.000 orang. Sekitar 5.000 orang di antaranya meninggal.

Di Indonesia, pemerintah mengumumkan ada 134 pasien yang terkonfirmasi mengidap virus corona. Kemudian, delapan orang dinyatakan sembuh, sementara lima orang meninggal dunia usai dinyatakan positif virus corona.

Hal ini membuat pemerintah bertindak cepat. Pihaknya, melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperpanjang status darurat bencana akibat virus corona hinga 29 Mei 2020.