Liga Indonesia

Persib Sumbang Nama, Ini 3 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak di Liga 1 2020

Rabu, 18 Maret 2020 19:53 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Penjaga gawang Persib Bandung Teja Paku Alam masuk dalam daftar kiper dengan penyelamatan terbanyak di kompetisi Liga 1 2020.. Foto: bolasport.com Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Penjaga gawang Persib Bandung Teja Paku Alam masuk dalam daftar kiper dengan penyelamatan terbanyak di kompetisi Liga 1 2020.. Foto: bolasport.com

INDOSPORT.COM – Penjaga gawang Persib Bandung Teja Paku Alam masuk dalam daftar kiper dengan penyelamatan terbanyak di kompetisi Liga 1 2020.

Peran penjaga gawang sendiri memang begitu penting dalam pertandingan sepak bola. Meski jarang mendapatkan sorotan, namun kiper adalah sosok pemain yang secara tak langsung bisa menentukan hasil timnya.

Apabila tidak ada bola yang bersarang ke gawang, maka dapat dipastikan jika tim yang mereka bela terhindar dari kekalahan. Oleh karena itu, tugas penjaga gawang juga begitu besar di barisan belakang.

Baru-baru ini muncul nama penjaga gawang tim promosi Liga 1 2020 Persiraja Banda Aceh, yakni Fakhrurrazi Quba. Ia menjadi satu-satunya kiper yang belum kebobolan hingga pekan ketiga.

Berkat kegemilangan sang kiper, Persiraja pun akhirnya tidak pernah menorehkan hasil pahit sejak awal kompetisi Liga 1 2020 ini. Meski begitu, nyatanya Fakhrurrazi tak masuk dalam daftar kiper dengan penyelamatan terbanyak.

Lebih lengkapnya, INDOSPORT pun mencoba untuk merankum 3 kiper dengan penyelematan atau save terbanyak di kompetisi Liga 1 2020 ini.

Teja Paku Alam (Persib Bandung) – 14 Save

© Arif Rahman/INDOSPORT
Penjaga gawang Persib, Teja Paku Alam saat pemanasan menjelang laga uji coba di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPenjaga gawang Persib, Teja Paku Alam saat pemanasan menjelang laga uji coba di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu.

Nama pertama yang memuncaki daftar kiper dengan penyelamatan terbanyak adalah penjaga gawang Persib Bandung, Teja Paku Alam.

Menurut laporan situs resmi Liga Indonesia, mantan kiper Semen Padang tersebut melakukan 14 kali penyelamatan dalam 2 pertandingan di Liga 1 2020.

Teja Paku Alam sendiri dipercaya sebagai kiper utama Persib dalam dua laga awal Liga 1 2020 melawan Persela Lamongan dan Arema FC. Dari dua laga itu, ia hanya kebobolan satu kali.

Annas Fitranto (Persita Tangerang) – 11 Save

© instagram.com/annas.fitranto
Kiper Persita Tangerang di Liga 2 2019, Annas Fitranto. Copyright: instagram.com/annas.fitrantoKiper Persita Tangerang di Liga 2 2019, Annas Fitranto.

Selanjutnya ada sosok penjaga gawang tim promosi Liga 1 2020, yakni Annas Fitranto. Kiper Persita Tangerang itu mampu mencatatkan 11 save dari tiga pertandingan.

Meski kebobolan masing-masing satu gol dalam dua pertandingan (melawan Persikabo dan PSM Makassar) di Liga 1 2020, akan tetapi ia cukup banyak melakukan penyelematan.

Sedangkan di pertandingan perdana Liga 1 2020, Annas Fitranto berhasil mencatatkan clean sheets saat berhadapan dengan juara bertahan Bali United. Saat itu Persita dan Bali United bermain imbang 0-0.

Hilmansyah (PSM Makassar) - 10 Save

© Wira Wahyu Utama/INDOSPOR
Hilmansyah dan Robert Alberts (PSM Makassar) Copyright: Wira Wahyu Utama/INDOSPORHilmansyah dan Robert Alberts beberapa musim lalu.

Terakhir, ada penjaga gawang muda milik PSM Makassar, yakni Hilmansyah. Masih dari laman resmi Liga Indonesia, kiper berusia 22 tahun tersebut mampu melakukan 10 save dalam dua pertandingan di Liga 1 2020.

Sayayngnya, Hilmansyah tida mampu mencatatkan clean sheets dalam dua pertandingan tersebut. meski begitu, PSM tetap selamat dari kekalahan saat berhadapan dengan Persita (1-1) dan PSS Sleman (menang 2-1).