In-depth

Catatan Persib Lebih Impresif dari Semua Jawara Liga 1, Musim Ini Juara?

Rabu, 18 Maret 2020 15:18 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Bandung memulai musim ini dengan sangat baik, bahkan catatan mereka di tiga laga awal lebih baik dari semua jawara Liga 1 sejak 2017 lalu. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Bandung memulai musim ini dengan sangat baik, bahkan catatan mereka di tiga laga awal lebih baik dari semua jawara Liga 1 sejak 2017 lalu.

INDOSPORT.COMPersib Bandung memulai kompetisi Liga 1 2020 dengan sangat baik. Bahkan catatan mereka dalam tiga laga awal ini lebih baik ketimbang jawara Liga 1 sejak 2017 lalu.

Seperti yang sudah diketahui bersama, Persib selalu mengantongi kemenangan hingga pekan ke-3 kompetisi Liga 1 2020 ini. Situasi itu membuat mereka memuncaki klasemen sementara.

Pada pertandingan perdana Liga 1 2020, Persib langsung tampil ganas dengan melibas Persela Lamongan tiga gol tanpa balas. Tiga gol itu dihasilkan melalui aksi Geoffrey Castillion dan brace Wander Luiz.

Ketika berhadapan lawan berat sekaliber Arema FC, Persib pun masih terus melanjutkan tren kemenangannya. Maung Bandung sukses menumbangkan Arema dengan skor tipis 2-1.

Bermain di depan ribuan pendukung lawan, Persib mampu unggul lebih dulu lewat gol bunuh diri Syaiful Indra Cahya. Sempat disamakan melalui aksi Elias Alderete, Persib mampu mengunci kemenangan usai Wander Luiz mencetak gol.

Pada pekan ketiga Liga 1 2020, Persib dikejutkan lewat gol cepat PSS Sleman saat pertandingan baru berjalan dua menit. Kendati demikian Castillion dan Wander Luiz mampu membalikkan keadaan menjadi 2-1.

Hasil fantasis dalam tiga pertandingan awal musim ini pun membuat Persib menjadi satu-satunya tim yang selalu menorehkan kemenangan. Maung Bandung pun berhak memuncaki klasemen sementara Liga 1 2020 dengan raihan 9 poin.

Catatan yang diperlihatkan Persib ini nyatanya lebih apik ketimbang sejumlah jawara Liga 1, seperti Bhayangkaran FC, Persija Jakarta, dan Bali United. Penampilan impresif itu bisa dilihat dari tiga laga awal di Liga 1.

Juara pertama era Liga 1, Bhayangkara FC harus terseok-seok di awal musim. Bagaimana tidak, dalam tiga laga awal anak asuh Simon McMenemy itu hanya meraih satu kemenangan dan dua kekalahan.

© Ian Setiawan/Indosport
Skuat Bhayangkara FC saat jeda water break di laga perdana Piala Presiden 2017. Copyright: Ian Setiawan/IndosportSkuat Bhayangkara FC saat jeda water break di laga perdana Piala Presiden 2017.

Kemenangan yang mereka dapatkan hanya ketika berhadapan dengan Perseru Serui (sekarang bernama Badak Lampung) dengan skor 2-1. Sedangkan dua kekalahannya dialami saat melawan Tira Persikabo (1-2) dan Arema FC (0-2).

Persija Jakarta juga tampil tidak lebih baik dari penampilan Persib di tiga pertandingan awal Liga 1 2020. Karena Persija sendiri tampil kurang meyakinkan di kompetisi Liga 1 2018 lalu.

Pada pertandingan pembuka, Persija hanya bisa bermain imbang 0-0 dengan juara bertahan Liga 1 Bhayangkara. Barulah pada pekan kedua Macan Kemayoran sukses meraih poin penuh pertama usai mengalahkan Arema dengan skor 3-1.

Pada laga selanjutnya, Persija justru harus tumbang 1-3 dari tim promosi PSMS Medan. Catatan ini bisa dikatakan kurang baik, apalagi, PSMS saat itu menjadi salah satu klub yang turun kasta.

Meski tampil kurang meyakinkan di tiga laga awal, Bhayangkara dan Persija mampu menyelesaikan kompetisi Liga 1 di edisi berbeda dengan hasil maksimal.

Catatan itu berbanding terbalik dengan apa yang diperlihatkan Bali United pada Liga 1 2019 kemarin. Mengingat Seredadu Tridatu tak terkalahkan di enam laga awal.

Akan tetapi, Bali United masih kalah produktif dengan apa yang diperlihatkan Persib di musim 2020 ini. Meski tak terkalahkan, jumlah gol Bali United masih kalah dengan Maung Bandung.

Bali United sendiri hanya mampu mencetak 4 gol dalam tiga pertandingan awal Liga 1 2019 lalu. Itu mereka hasilkan saat mengalahkan Persebaya Surabaya (2-1), Bhhayangkara (1-0) dan Persija (1-0).

Jika dijumlahkan, Persib saat ini telah mengoleksi 7 gol dalam tiga pertandingan awal musim ini. Dengan begitu, Maung Bandung lebih produktif tiga angka dibandingkan Bali United.

Catatan Persib yang lebih baik ketimbang semua jawara Liga 1 ini membuat mereka memiliki peluang yang cukup besar untuk menjadi juara di musim ini. Namun Maung Bandung harus menampilkan performa yang konsisten hingga akhir musim.