Liga Indonesia

Dua Berlabel Top Skor, Deretan Penyerang Asing Ini Masih Mandul Hingga Pekan ke-3 Liga 1 2020

Kamis, 19 Maret 2020 22:13 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© getwallpapers.com/wikipedia
Aleksandar Rakic dan Sylvano Comvalius, dua pemain yang pernah jadi top skor Liga 1, masih mandul hingga pekan ke-3 musim ini. Copyright: © getwallpapers.com/wikipedia
Aleksandar Rakic dan Sylvano Comvalius, dua pemain yang pernah jadi top skor Liga 1, masih mandul hingga pekan ke-3 musim ini.

INDOSPORT.COMAleksandar Rakic dan Sylvano Comvalius, dua pemain yang pernah jadi top skor Liga 1, masih mandul hingga pekan ke-3 musim ini.

Jika melihat daftar top skor sementara Liga 1 2020 saat ini, sangat mencolok bahwa pemain-pemain asing masih mendominasi di dalamnya.

Dipimpin oleh penyerang asing Persib Bandung Wander Luiz dengan empat golnya. Lalu, ada sekitar tujuh pemain asing lainnya yang kompak dengan torehan dua gol sejauh ini.

Memang, ada tiga pemain lokal: Beto Goncalves dengan tiga gol, Kushedya Hari Yudo dan Evan Dimas yang kompak mencetak dua gol, bisa menyelip dalam persaingan.

Namun, deretan nama asing di daftar top skor Liga 1 2020 sementara waktu itu, jelas adalah gambaran bahwa muka-muka lokal masih terus akan sulit bersaing dalam perebutan top skor musim ini.

Penyerang Asing Mandul

Buat kompetisi sepak bola Liga Indonesia, munculnya nama-nama asing dalam daftar perebutan top skor pada akhirnya bukan hal yang baru terjadi saat ini. Sebab, setiap musimnya selalu berulang hal demikian.

Lebih menarik untuk menyimak kenyataan lain di Liga 1 2020 ini. Bahwa tak selamanya pemain asing, terlebih mereka yang berposisi sebagai penyerang, bisa dnegan mudahnya masuk dalam persaingan daftar top skor.

Bahkan, mereka yang musim-musim sebelumnya sudah pernah merengkuh top skor di Liga 1 sekalipun kini justru belum sekalipun mencetak gol hingga pekan ke-3 berjalan Liga 1 2020. Seperti yang dialami penyerang Barito Putera Aleksandar Rakic dan penyerang Persipura Jayapura Sylvano Comvalius.

Aleksandar Rakic yang selalu turun dalam tiga laga awal Barito Putera belum mencetak satu gol pun. Sementara Sylvano Comvalius yang baru dua kali bertanding juga demikian.  Padahal, keduanya adalah top skor di dua gelaran awal Liga 1, tahun 2018 dan 2017 silam.

Bukan hanya keduanya, sejumlah nama pemain asing tenar, hingga kini juga ada yang belum mencetak satupun gol di Liga 1 2020. Semisal penyerang Arema FC Jonathan Bauman.

Alih-alih mencetak gol, Bauman justru mewarnai kiprahnya di awal Liga 1 2020 dengan torehan satu kartu merah, saat melawan PSIS Semarang di pekan ke-3. Sama seperti yang dialami penyerang Persela Lamongan, Gabriel de Carmo yang mendapatkan kartu merah di pekan ke-2, saat dirinya hingga kini belum mencetak satupun gol.

Jika dihimpun secara keseluruhan, bersama empat nama diatas, hingga kini setidaknya ada tujuh nama penyerang asing di Liga 1 2020 yang sampai memasuki pekan ke-3 belum mencetak satupun gol.

Berikut daftarnya:

  1. Jonathan Bauman (Arema FC)
  2. Aleksandar Rakic (Barito Putera)
  3. Gabriel de Carmo (Persela Lamongan)
  4. Nikola Asceric (Persik Kediri)
  5. Sylvano Comvalius (Persipura Jayapura)
  6. Vanderlei (Persiraja)
  7. Yevhen Budnik (Persita Tangerang)
1