Liga Indonesia

Menakar Peluang Wander Luiz untuk Pecahkan Rekor Gol Sylvano Comvalius

Selasa, 17 Maret 2020 18:04 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter/@Liga1Match
Wander Luiz, penyerang Persib Bandung, memiliki peluang untuk memecahkan rekor top skor Liga 1 dengan jumlah gol terbanyak, yang selama ini dipegang Sylvano Comvalius. Copyright: © Twitter/@Liga1Match
Wander Luiz, penyerang Persib Bandung, memiliki peluang untuk memecahkan rekor top skor Liga 1 dengan jumlah gol terbanyak, yang selama ini dipegang Sylvano Comvalius.

INDOSPORT. COM - Wander Luiz, penyerang Persib Bandung, memiliki peluang untuk memecahkan rekor top skor Liga 1 dengan jumlah gol terbanyak, yang selama ini dipegang Sylvano Comvalius.

Mungkin tak akan ada yang mengira, penampilan Wander Luiz bersama skuat Persib Bandung bisa begitu hebat seperti sekarang. Maklum, ketika Wander Luiz datang dan berstatus trial pada masa pramusim Liga 1 2020 lalu, beberapa pihak ada yang sempat meragukan kapasitasnya.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, pernah bersuara mengenai performa Wander Luiz ketika masih dalam masa trial. Umuh kala itu mengeluarkan komentar menohok pasca Wander Luiz tampil di ajang pramusim Asia Challenge 2020, sekitar 18 - 19 Januari lalu.

"Saya gak bisa ngomong, saya ngomong kemarin saja, saya cuma bilang semua bisa menilai, Bobotoh juga bisa menilai, silahkan," kata Umuh Lapangan Inspire Arena, Jalan Sersan Bajuri, Cihidueng, Kabupaten Bandung Barat, Senin (27/01/20).

Komentar dan kritik pedas berdatangan, tapi Wander Luiz tetap bekerja keras di lapangan. Hingga akhirnya Wander Luiz lolos masa trial dan mendapatkan kontrak resmi dari manajemen Persib Bandung.

Kesempatan yang diberikan pun tak disia-siakan Wander Luiz. Tiga pekan awal Liga 1 2020, Wander Luiz tampil gemilang dan selalu bisa mencetak gol di setiap pertandingannya.

Tak heran jika nama Wander Luiz kini terpampang sebagai pemuncak daftar top skor sementara Liga 1 2020. Jika situasi ini berlangsung konsisten, bukan mustahil ke depannya Wander Luiz bisa memecahkan rekor gol dari top skor Liga 1 2017, Sylvano Comvalius.

Peluang Wander Luiz Pecahkan Rekor Comvalius

Masih terngiang betul, betapa ganasnya performa Sylvano Comvalius tiga musim lalu. Comvalius yang menjalani musim debut di Indonesia bersama Bali United, seakan tak bisa berhenti mencetak gol.

Total sepanjang Liga 1 2017, Comvalius mampu menyumbangkan 37 gol untuk Bali United. Berkat torehan itu, Comvalius pun berhak atas gelar top skor Liga 1 2017.

Bahkan Comvalius mengalahkan rekor top skor dengan jumlah gol terbanyak di kasta tertinggi sepak bola Indonesia milik legenda Persib Bandung, Peri Sandria. Musim 1994/1995 silam, Peri Sandria menjadi top skor Liga Indonesia lewat sumbangsih 34 gol semusim, dan baru 22 tahun kemudian digeser Comvalius.

Rekor yang dicatatkan Comvalius mungkin tak akan bertahan sebegitu lamanya seperti Peri Sandria. Pasalnya, kini ada Wander Luiz, penyerang Persib Bandung di Liga 1 2020, yang memiliki peluang untuk menghancurkan rekor gol milik Comvalius.

Peluang Wander Luiz setidaknya sudah terlihat dalam tiga pekan awal Liga 1 2020. Wander Luiz selalu bisa mencetak gol di setiap pertandingannya, dan kini memuncaki daftar top skor dengan total torehan empat gol.

Laga pekan pertama kontra Persela Lamongan, Wander Luiz mencetak brace alias dua gol. Sementara dalam dua pekan selanjutnya kontra Arema FC dan PSS Sleman, Wander Luiz secara beruntun menyumbangkan satu gol di masing-masing laga.

Capaian Wander Luiz tersebut unggul jauh bila dibandingkan dengan aksi Comvalius di Liga 1 2017 dulu. Tiga pekan awal, raihan Comvalius tak sampai menyentuh angka empat gol.

Merangkum data dari situs Transfermarkt, Comvalius dalam tiga pekan awal Liga 1 2017, selalu tampil penuh mengisi lini depan Bali United. Kala itu, Comvalius membela Bali United bertanding melawan Madura United, Persipura Jayapura, dan Persela Lamongan.

Hasilnya, dari tiga laga itu, Comvalius cuma bisa membukukan satu gol saja, tepatnya ketika berjumpa Persipura Jayapura.

Berkaca dari data perbandingan tiga pekan awal, Wander Luiz jelas berpeluang menggeser rekor gol milik Comvalius. Namun syaratnya, Wander Luiz harus bisa menjaga konsistensi ketajamannya, seperti yang dilakukan Comvalius dahulu.

Comvalius sendiri bisa meraih gela top skor karena dirinya rutin sekali mencetak gol, terutama dari laga pekan ke-12 hingga ke-20. Nama Comvalius selalu menghiasi papan skor, dan bahkan dua kali membukukan hattrick.

Patut dinanti, apakah peluang kecil di awal Liga 1 2020, bisa mengantarkan Wander Luiz menggeser rekor gol Comvalius? Biar waktu saja yang menjawabnya.