Bola Internasional

Timnas Jerman Sumbang Puluhan Miliar untuk Korban Virus Corona

Kamis, 19 Maret 2020 09:09 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT/Wikipedia
Timnas sepak bola Jerman melakukan hal mulia dengan jalan menyumbang dana dengan jumlah yang fantastis demi membantu pemulihan korban virus corona. Copyright: © INDOSPORT/Wikipedia
Timnas sepak bola Jerman melakukan hal mulia dengan jalan menyumbang dana dengan jumlah yang fantastis demi membantu pemulihan korban virus corona.

INDOSPORT.COM - Timnas sepak bola Jerman melakukan hal mulia dengan jalan menyumbang dana dengan jumlah yang fantastis demi membantu pemulihan para korban virus corona.

Covid-19 atau virus corona memang telah menyerbu Benua Eropa. Beberapa negara-negara di kawasan tersebut satu demi satu menjadi korban. Dimulai dari Italia, corona mulai menjalar ke Spanyol, Prancis, Jerman, dan lain-lain. Namun, kasus terparah masih di Italia.

Meski negara lain belum separah Italia, tapi berdasarkan World Health Organization (WHO), Jerman dikabarkan memiliki 7000 kasus dan sebanyak 13 orang dinyatakan meninggal dunia akibat corona per Rabu, 18 Maret 2020 waktu setempat. Tentu, jumlah setinggi itu sangat mengkhawatirkan.

Oleh karena itu, seperti dilansir dari laman portal berita olahraga Sportskeeda, timnas sepak bola Jerman mengunggah status di akun Twitter resmi milik mereka. Isi dari unggahan tersebut adalah bahwa tim yang berjuluk Die Mannschaft tersebut telah menyumbang 2,5 juta euro (sekitar Rp42 miliar) demi menolong para korban virus corona.

"Dunia sepak bola sedang terhenti. Kesehatan masyarakat dan penanggulangan terhadap virus, tanpa diragukan lagi, menjadi prioritas utama saat ini. Kami mengerti bahwa banyak di antara Anda yang tidak akan diam saja dengan situasi ini dan terus bergerak," tulis mereka dalam unggahan tersebut.

"Kami telah melihat upaya dan komitmen yang telah Anda lakukan. Anda telah memberikan dukungan dan saling menolong satu sama lain, baik di rumah sakit, di rumah masing-masing, di supermarket, dan di komunitas Anda. Ini sangat menginspirasi. Ini menunjukkan rasa solidaritas dan kami sebagai sebuah tim ingin membantu," lanjut mereka.

"Itulah alasannya kami akhirnya memutuskan untuk menyumbang 2,5 juta euro (Rp42 miliar) untuk membantu secepat mungkin. Segala bentuk kebaikan dan bantuan harus dilakukan. Inilah saat bagi kita untuk membuat perubahan. Tetap jaga kesehatan dan beri perhatian kepada sesama," pungkas mereka.

Timnas Jerman bukanlah pihak pertama yang melakukan aksi amal tersebut. Beberapa atlet Amerika Serikat sudah melakukannya. Megabintang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic juga sudah melakukannya. Karena, ini memang merupakan pandemik yang wajib segera ditangani bersama-sama.

Di Indonesia sendiri, kasus virus corona sudah mencapai 227 orang, dimana ada penambahan sebanyak 55 kasus positif di tanah air. Penambahan itu terjadi di Banten, Yogyakarta, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Lampung, dan Kalimantan Timur. Namun, angka tersebut tentu bisa berubah lagi.