Liga Indonesia

Ada Opsi Menguntungkan Buat Persija Jika Harus Melepas Klok ke FC Utrecht

Jumat, 20 Maret 2020 13:21 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Opsi Menguntungkan Buat Persija Jika Harus Melepas Klok Ke FC Utrecht Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Opsi Menguntungkan Buat Persija Jika Harus Melepas Klok Ke FC Utrecht

INDOSPORT.COM - Dikabarkan tengah diamati, berikut opsi yang bisa menguntungkan buat Persija Jakarta jika mereka memang harus melepas Marc Klok ke FC Utrecht musim ini.

Sebelumnya, Marc Klok yang musim ini resmi berseragam Persija sempat mendapat pantauan dari klub lamanya di Belanda, FC Utrecht pada Rabu (18/03/20) malam WIB.

Dalam media sosial resminya, FC Utrecht menulis artikel dan mengunggah deretan foto pemain berusia 26 tahun itu.  Bahkan pada edisi khusus tentang kabar mantan pemain mereka, FC Utrecht menyajikan soal kabar Marc Klok.

Perhatian Utrecht terhadap mantan pemainnya itu berawal dari kedatangan Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti pada 9 hingga 13 Maret 2020 lalu.  

Dalam kunjungan ke Indonesia, Marc Klok yang merupakan pemain berdarah Belanda mendapatkan undangan spesial bertemu dengan Raja Willem-Alexander pada Selasa (10/3/2020) malam. 

Hal ini memunculkan rumor bahwa Utrecht memiliki rencana mendatangkan kembali mantan pemain PSM Makassar itu ke negara kelahirannya. Akan tetapi, langkah mereka bisa jadi terbentur nilai transfer sang pemain yang cukup tinggi. 

Menurut Transfermarkt, kepindahan Marc Klok dari PSM Makassar ke Persija mendongkrak nilai transfernya. Pemain yang berposisi gelandang itu dibanderol dengan harga 450 ribu euro atau setara Rp7,7 miliar.

Selain itu, Marc Klok juga menjadi pilar penting buat Persija di Liga 1 musim ini. Namun jika memang terpaksa harus melepas sang pemain, terdapat satu alternatif yang bisa digunakan Macan Kemayoran bahkan bakal menguntungkan mereka.

Yakni opsi tukar guling alias tukar pemain antara Persija dan FC Utrecht, dengan cara ini kedua tim bisa sama-sama mendapat keuntungan.

FC Utrecht bakal mendapatkan Marc Klok bahkan mungkin secara gratis, sementara Persija bisa langsung memperoleh penggantinya dan mungkin saja lebih berpotensi ketimbang Klok lantaran sempat tampil di Liga Belanda.

Opsi tukar pemain sendiri bukanlah hal baru bagi sepak bola, beberapa tim besar Eropa sebelumnya pernah melakukan hal ini seperti Manchester United dan Arsenal yang menukar dua bintang mereka, Sanchez-Mkhitaryan di musim 2018.

Meski tengah dipantau, masih belum ada keputusan ataupun pernyataan resmi dari pihak FC Utrecht terkait minat mereka untuk memboyong Marc Klok dari Persija. Namun jika hal tersebut benar adanya, boleh saja Macan Kemayoran mencoba opsi tukar guling ini.