Bola Internasional

Profil Singkat Max Christoffel, Bek Kiri Masa Depan Timnas Indonesia yang Merajut Mimpi di Feyenoord

Minggu, 22 Maret 2020 17:12 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Max Christoffel, pemain yang sedang menimba ilmu sepak bola di akademi Feyenoord ini, sepertinya bisa menjadi bek kiri masa depan Timnas Indonesia.

INDOSPORT. COM - Max Christoffel, pemain yang sedang menimba ilmu sepak bola di akademi Feyenoord ini, sepertinya bisa menjadi bek kiri masa depan Timnas Indonesia.

Nama Max Christoffel mungkin masih kurang familiar di telinga para pecinta sepak bola Indonesia. Maklum saja, sebelumnya jarang ada pihak yang mencium bakat olah bola Max Christoffel.

Menurut data Transfermarkt, Max Christoffel merupakan pesepak bola keturunan Indonesia yang tergabung bersama klub Eredivisie Belanda, Feyenoord.

Buktinya saja, situs Transfermarkt menjelaskan status kewarganegaraan Max Christoffel menggunakan dua bendera, yakni Belanda dan Indonesia.

Kalau secara posisi, Max Christoffel terbiasa menempati bek sayap kiri. Peran Max Christoffel sesuai dengan kemampuannya yang bertumpu pada kekuatan kaki kiri.

Mengingat usianya masih 16 tahun, Max Christoffel kini harus menimba ilmu terlebih dulu di tim junior Feyenoord. Ia membela Feyenoord di level kompetisi U-17.

Max Christoffel sendiri sebenarnya terhitung baru dipromosikan ke tim Feyenoord U-17. Max Christoffel naik kelas ke level U-17 sejak 1 Juli 2019 lalu.

Sayangnya, Max Christoffel belum mendapat menit bermain cukup banyak dari Feyenoord U-17. Lima kali tampil untuk Feyenoord U-17 di musim 2019/20, total menit bermain Max Christoffel hanya 64 menit saja, atau lebih banyak bertindak menjadi pemain pengganti.

Melihat segala fakta di atas, Max Christoffel jelas bisa diandalkan sebagai bek kiri masa depan Timnas Indonesia. Tempaan sepak bola Eropa bersama akademi sekelas Feyenoord yang notabene salah satu klub besar Belanda, diyakini bisa memoles dengan baik kualitas olah bola Max Christoffel.

Paling dekat, sebenarnya ada ajang Piala Dunia U-20 2021 yang mana menunjuk Indonesia selaku tuan rumah penyelenggara. Jika Max Christoffel diberi kesempatan oleh pelatih Timnas Indonesia U-19, mungkin namanya bakal membela Skuat Garuda di ajang tersebut.

Namun ada masalah yang berpotensi mengganjal. Bila melihat akun Instagram pribadinya, Max Christoffel pernah berkostum Timnas Belanda, dan mungkin belum tentu mau menjadi bagian Timnas Indonesia.

Begitulah kurang lebih profil singkat mengenai Max Christoffel. Patut dinanti, apakah Max Christoffel ke depannya bisa menjadi bek kiri tumpuan Timnas Indonesia?

IDS Emoticon Suka
Suka
18%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
9%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
55%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
18%