Liga Spanyol

Kehilangan Ronaldo, Ini Cara Jitu Real Madrid Bisa Kembangkan Bintang Baru

Minggu, 22 Maret 2020 10:15 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Sportskeeda
Klub LaLiga Spanyol, Real Madrid sebaiknya membina sejumlah talenta baru yang bisa dijadikan pengganti seorang Cristiano Ronaldo. Copyright: © Sportskeeda
Klub LaLiga Spanyol, Real Madrid sebaiknya membina sejumlah talenta baru yang bisa dijadikan pengganti seorang Cristiano Ronaldo.

INDOSPORT.COM - Raksasa LaLiga Spanyol, Real Madrid, kehilangan Cristiano Ronaldo yang dianggap sebagai bintang super kejayaan mereka. Meski demikian, Los Blancos masih bisa mengisi kekosongan itu dengan strategi tertentu.

Pendapat tersebut terlempar dari mantan pelatih Los Blancos, Fabio Capello. Dirinya sempat menyatakan bahwa Ronaldo sudah membuat ruang kosong bagi klub untuk bisa menunjukkan tajinya di kompetisi besar seperti LaLiga Spanyol dan Liga Champions.

Seperti yang diketahui sebelumnya, kehadiran Ronaldo menjadi awal mula tonggak kehebatan Real Madrid, terbukti dengan dua kali gelar LaLiga Spanyol, empat trofi Liga Champions, dan masih banyak lagi.

Tiap kali Ronaldo diturunkan, Real Madrid seolah tidak pernah absen mencetak gol. Kepergian sang winger Timnas Portugal ke Juventus pada 2018 sempat membuat tim yang bermarkas di Santiago Bernabeu itu terpukul dan mencoba merekut pemain baru.

Real Madrid menginvestasikan segalanya untuk mendatangkan Eden Hazard beserta talenta muda berbakat seperti Rodrygo Goes, Vinicius Junior, dan Martin Odegaard, tapi itu seolah belum cukup. Fabio Capello punya pendapat lain, yakni para pemain muda itu bisa jadi penerus Ronaldo jika diberi waktu.

Capello mengambil contoh ketika Real Madrid merekrut pemain muda seperti Marcelo, Fernando Gago, dan Gonzalo Higuain. Terbukti dengan proses telaten, tiga pemain itu sukses mendongkrak performa tim secara keseluruhan.

"Kami menunggu mereka untuk bisa meledak, sebagai contoh saat perekrutan Marcelo, Gago, dan Higuain, presiden klub bertanya mengapa saya tidak langsung menurunkan mereka," ucap Capello dilansir Goal.

"Saya bilang karena mereka masih anak-anak dan Anda harus menunggu sejenak, mereka adalah masa depan dan bisa membuat sejarah. Anda harus merekrut pemain muda dan latih mereka sedikit demi sedikit, jangan memberi mereka tanggung jawab dulu," tutupnya.

Pernyataan Fabio Capello tentu memiliki makna mendalam mengingat Real Madrid memang perlu bersabar demi bisa mencetak bintang seperti Ronaldo. Bukan tidak mungkin salah satu klub LaLiga Spanyol ini bisa mencetak sejarah dengan para pemain muda yang mereka rekrut susah payah.