Liga Inggris

26 Maret 1983: Kalahkan Manchester United Jadi Gelar Pamungkas Pelatih Tersukses Liverpool

Kamis, 26 Maret 2020 21:19 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
26 Maret 1983 menjadi momen penting pelatih tersukses Liverpool, Bob Paisley, yang meraih gelar di musim terakhirnya usai mengalahkan Manchester United. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
26 Maret 1983 menjadi momen penting pelatih tersukses Liverpool, Bob Paisley, yang meraih gelar di musim terakhirnya usai mengalahkan Manchester United.

INDOSPORT.COM - 26 Maret 1983 menjadi momen penting pelatih tersukses sepanjang masa Liverpool, Bob Paisley, yang meraih gelar di musim terakhirnya usai mengalahkan Manchester United.

Di tahun 1970 hingg 1980-an Liverpool mengalami puncak kejaayaan dengan meraih begitu banyak gelar juara di level Liga Inggris, bahkan hingga ke level kontinetal, Liga Champions.

Dan salah satu actor penting dalam kesuksesan mereka itu adalah sang pelatih Bob Paisley, yang menukangi Liverpool selama Sembilan tahu, sejak 1974 hingga 1983.

Dalam rentan waktu tersebut, Bob Paisley sukses menyumbangkan total 20 gelar juara atau merupakan yang terbanyak dalam sejarah Liverpool hingga kini.

Gelar tersebut terbagi dalam enam juara Liga Inggris, 3 Piala Liga, 6 Charity Shield, 1 UEFA Cup, 1 UEFA Super Cup dan yang paling bergengsi 3 Trofi Liga Champions atau yang kala itu masih bernama Piala Champions.

Dari rentetan 20 gelar tersebut, ada salah satu yang cukup berkesan dalam karier Bob Paisley sebagai pelatih Liverpool. Yakni salah satu gelar juara terakhirnya yang didapat tepat pada tanggal 26 Maret 1983.

Gelar juara tersebut yakni adalah trofi Piala Liga, dimana kala itu pada musim terakhirnya sebagai pelatih Liverpool, Paisley bisa mengalahkan rival mereka Manchester United.

Saat itu tepat di tanggal 26 Maret 1983, Liverpool harus berhadapan melawan Manchester United dalam pertandingan final Piala Liga Inggris yang berlangsung di Stadion Wembley, London.

Pertandingan tersebut menjadi sangat menarik, sebab Liverpool sebagai juara bertahan harus menghadapi Manchester United yang baru pertama kali menembus final Piala Liga Inggris, namun datang dengan status juara Piala FA musim sebelumnya.

Dengan kondisi tersebut, tak ayal pertandingan yang dihadiri total 99. 304 penonton itu menjadi sangat seimbang dan menarik untuk disaksikan.

Terlebih sebagai penantang, Manchester United bisa lebih dulu meraih keunggulan di menit ke-12 melalui Noman Whiteside.

Keunggulan Setan Merah tersebut sempat membuat Liverpool begitu tertekan, sebab hingga turun minum dan masuk ke menit ke-70 mereka belum bisa menyamakan kedudukan.

Beruntung di menit ke-75 Alan Kennedy muncul sebagai penyelamat dengan golnya, membuat final Piala Liga Inggris Liverpool vs Manchester United itu harus disudahi dengan perpanjangan waktu.

Di perpanjangan waktu itulah, kualitas Liverpool di bawah arahan Bob Paisley muncul, merek akhirnya bisa memperthankan gelar Piala Liga Inggris, setelah Ronnie Whelan menyarangkan gol kemenangan di menit ke-98.

Liverpool pun dipastikan keluar sebagai juara dalam skor akhir 2-1. Trofi Piala Liga Inggris itupun menjadi salah satu gelar di musim terakhir Bob Paisley Bersama Liverpool. Selain juga gelar juara Liga Inggris yang mereka dapat di akhir musim yang sama.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%