Liga Indonesia

Teringat 3 Klub Sulawesi Utara, Michael Orah Berharap Efek Sulut United

Jumat, 27 Maret 2020 15:19 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Indosport.com
Michael Orah menilai keberadaan Sulut United menghadirkan gairah baru bagi dunia sepak bola Sulawesi Utara. Copyright: © Grafis: Indosport.com
Michael Orah menilai keberadaan Sulut United menghadirkan gairah baru bagi dunia sepak bola Sulawesi Utara.

INDOSPORT.COM - Keberadaan klub Liga 2 Sulut United menghadirkan gairah baru bagi dunia sepak bola Sulawesi Utara. Eks Persmin Minahasa, Michael Yansen Orah berharap tim Hiu Utara bisa promosi ke Liga 1 2021.

Sepak bola Sulawesi Utara sangat hidup pada awal 2000-an. Persmin Minahasa, Persma Manado dan Persibom Bolaang Mongondow masih berjaya. Bahkan pada musim 2005 hingga 2007, Persibom dan Persmin ada di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Namun, permasalahan pendanaan, terutama dilarangnya penggunaan APBD untuk klub profesional membuat Persmin dan Persibom meredup. Alhasil, sejak 2008, banyak pemain sepak bola Sulawesi Utara yang memilih merantau.

Michael Orah termasuk yang berpetualangan sejak Persmin absen dari sepak bola nasional. Tercatat sembilan klub yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Madura dan Kalimantan dibela Orah.

Kehadiran Sulut United sejak musim 2019 mulai menarik putra daerah kembali. Ada alumni Persmin, Dirga Lasut hingga putra Sulawesi Utara, Dani Namangge. Orah meyakini langkah Persmin, Persibom dan Persma akan diikuti Sulut United.

"Waktu itu di senior lumayan banyak putra daerah. Yang lebih banyak lagi mereka mengambil putra-putra daerah lewat kompetisi usia muda. Sekarang dengan adanya Sulut United, mudah-mudahan bisa membuat sepak bola Sulawesi Utara lebih bergairah lagi," ucap Orah, Jumat (27/3/20).

Musim ini, jumlah putra daerah di Sulut United sudah bertambah. Dia meyakini pada tahun-tahun berikutnya, semangat anak muda kembali menjadi pesepakbola profesional muncul lagi.

"Semoga ada banyak anak-anak muda Sulawesi Utara yang lebih semangat berlatih dan menjadi pemain profesional di Indonesia dan di luar negeri. Semoga juga ada bos-bos yang mau bangun lagi sepak bola di Sulawesi Utara," tutur Orah yang kini memperkuat Bali United.

Sekadar informasi, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 sementara ini masih mengalami penundaan. Penyebabnya tidak lain karena penyebaran virus corona di Indonesia yang semakin bertambah dari hari ke hari.