Liga Inggris

Satu Tahun Berlalu, Solskjaer Bakal Ikuti Jejak Ferguson di Manchester United

Sabtu, 28 Maret 2020 10:32 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Ole Gunnar Solskjaer dan Sir Alex Ferguson saat masih jadi pemain dan pelatih Manchester United. Copyright: © Getty Images
Ole Gunnar Solskjaer dan Sir Alex Ferguson saat masih jadi pemain dan pelatih Manchester United.

INDOSPORT.COM – Satu tahun setelah mengambil alih Manchester Uniter, Ole Gunnar Solskjaer diyakini akan segera menyusul jejak kesukesan pelatih legendaris Sir Alex Ferguson.

Hari Sabtu (28/03/20) tepat menandai satu tahun Ole Gunnar Solskjaer resmi menjadi pelatih utama Manchester United. Sebelumnya, Solskjaer ditunjuk sebagai pelatih interim pada Desember 2018 menggantikan Jose Mourinho yang dipecat.

Selama satu tahun terakhir, Man United telah mengalami pasang surut perjalanan. Namun, perombakan besar-besaran yang dilakukan pelatih asal Norwegia membuat Setan Merah kembali ke puncak kejayaan.

Melansir dari Daily Mail, revolusi Solskjaer pun diyakini merupakan reinkarnasi Ferguson yang dikenal lebih senang mengasah bakat para pemain muda. Hal serupa juga dilakukan pelatih 43 tahun itu selama setahun belakangan. 

Dalam satu tahun itu, Solskjaer melepas Antonio Valencia, Marouane Fellani, Chris Smalling, Ashley Young, Alexis Sanchez, Ander Herrera, Marcos Rojo, Matteo Darmian dan Romelu Lukaku. Mereka pun digantikan dengan pemain muda yang lebih dinamis, enerjik, siap berkomitmen untuk Manchester United.

Pelatih 43 tahun itu kemudian mendatangkan Aaron Wan-Bissaka, Daniel James, Harry Maguire. Bakat muda seperti Mason Greenwood dan Brandon Williams dipromosikan dari skuat muda. Bruno Fernandes menyusul dari Sporting CP lewat bursa transfer Januari lalu.

Man United sejak ditinggal Ferguson selama hampir 7 tahun berjalan tanpa arah tujuan kini sudah mulai menemukan performa yang tepat di bawah arahan Solskjaer.

Solksjaer membuktikan dirinya tidak egois sebagai seorang pelatih. Dia selalu menempatkan klub di atas kepentingannya sendiri, sangat berbeda dengan pendahulunya Jose Mourinho.

Jika Mourinho lebih banyak memberikan harapan palsu kepada pemain, Solskjaer bertindak sebaliknya. Dia jadi sosok pelatih yang berusaha membangun kepercayaan dengan para pemain baik di dalam maupun di luar lapangan.

Contohnya Anthony Martial. Striker muda itu dulunya dicaci maki oleh Mourinho hingga memengaruhi performanya. Sedangkan Martial di bawah arahan Solskjaer, berubah jadi mesin gol.

Akan tetapi perjalanan Solskjaer untuk menjadi sosok Ferguson kedua di Old Trafford masih sangat panjang. Mantan pelatih Molde itu harus bekerja keras jika tidak ingin berakhir seperti pendahulunya.

Tantangan Solskjaer berikutnya yakni bagaimana mempertahankan Paul Pogba. Pasalnya gelandang bernilai rekor klub itu masih ingin meninggalkan klub musim ini. Selain itu, Solskjaer juga sedang berupaya mendatangkan pemain muda lain, lainnya Jadon Sancho, Jack Grealish dan James Maddison.

Sebelum Liga Inggris ditangguhkan akibat wabah Virus Corona, Man United tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan di semua kompetisi. Mereka memenangkan delapan laga, mencetak 29 gol dan hanya dua kali kebobolan. Klub juga berhasil menjaga sembilan clean sheet sejauh ini.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%