Bola Internasional

Deretan Rekor di Dunia Sepak bola yang Hampir Mustahil Terpecahkan (Part 1)

Minggu, 29 Maret 2020 18:15 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Indra Citra Sena
© NYSN
Ilustrasi lapangan sepak bola. Copyright: © NYSN
Ilustrasi lapangan sepak bola.

INDOSPORT.COM – Seperti cabang olahraga lainnya, sepak bola juga menghasilkan deretan rekor yang tercatat hingga detik ini.

Ada beberapa rekor ikonik yang akan selalu diingat sepanjang masa. Beberapa bahkan menimbulkan kebanggaan kepada sang pemain yang memegang rekor tersebut.

Dilansir dari portal The Sportster, berikut adalah lima rekor di sepak bola yang mustahil bisa dipecahkan dalam waktu dekat ini.

Kemenangan Terbesar di Pertandingan Internasional

Laga antara Australia dan Samoa yang berakhir dengan kemenangan Australia 31 gol tanpa balas ini adalah laga internasional dengan kemenangan terbesar sepanjang sejarah.

Dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2002, dua pemain Australia, Archie Thompson dan David Zdrilic, berhasil mencetak 13 gol dan 8 gol untuk membantu Australia meraih kemenangan sepanjang sejarah.

Tampaknya rekor ini tidak akan bisa dipecahkan dalam waktu dekat, pasalnya sangat mustahil bagi sebuah tim nasional bisa meraih kemenangan dengan skor akhir 31-0.

Kartu Merah Terbanyak dalam Satu Pertandingan

Jika beberapa orang kaget dengan jumlah delapan kartu merah yang dikeluarkan dalam Derbi Grenal antara Gremio dan Internacional, orang-orang tersebut kemungkinan lebih terkejut mendengar 36 kartu merah keluar dalam satu laga.

Kejadian tersebut terjadi di kasta rendah Liga Argentina 2011 yang mempertemukan Clapole dan Victoriano Arenas. Laga bertajuk derbi tersebut berujung bentrokan tak terkendali. Semua pihak, termasuk pelatih dan pemain cadangan diketahui saling bentrok.

Hasilnya kemudian wasit pada laga tersebut memutuskan untuk mengeluarkan 36 kartu merah yang menjadikan laga tersebut menjadi laga dengan kartu merah terbanyak sepanjang sejarah. Jelas suatu catatan yang mustahil dapat disamai.

Debut Termuda di Laga Profesional

Beberapa musim ke belakang, sangat seringi dijumpai pesepakbola muda yang sudah melakukan debutnya di laga profesional. Usia mereka berkisar antara 17-19 tahun ketika melakukan debut tersebut, beberapa ada yang 16 tahun tapi itu jarang terjadi.

Dan Mauricio Baldivieso, pesepakbola asal Bolivia berhasil melakukan debutnya di usia 12 tahun. Ketika kebanyakan anak-anak seusianya masih belajar bermain bola, Mauricio telah menjadi pemain profesional ketika menjalani debut di Aurora.

Kartu Merah Terbanyak Sepanjang Masa

Bagi sebagian orang, hal ini bukan termasuk catatan yang membanggakan. Tetapi Gerardo Bedoya yang memperoleh 46 kartu merah sepanjang karirnya ini sepertinya cukup bangga dengan pencapaiannya ini.

Semasa aktif dulu, Bedoya mendapatkan julukan madman. Julukan yang sangat pantas untuk pemain yang lihai bermain sebagai bek atau gelandang bertahan ini.

Laga dengan Penonton Terbanyak Sepanjang Masa

Rekor ini tercatat dalam final Piala Dunia tahun 1950 yang diadakan di Stadion Maracana. Laga yang mempertemukan Brazil dan Uruguay tersebut tercatat dipadati oleh 199.854 suporter yang berjejalan di Maracana.

Catatan yang akan sangat sulit dipecahkan di masa sekarang mengingat faktor keamanan dan kapasitas stadion sekarang yang tidak lagi sebesar dulu.