Liga Inggris

10 Pemain Terburuk yang Pernah Juara Liga Inggris dalam Satu Dekade Terakhir

Selasa, 31 Maret 2020 11:20 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Darron Gibson saat masih berseragam Manchester United. Copyright: © Getty Images
Darron Gibson saat masih berseragam Manchester United.

INDOSPORT.COM - Inilah daftar 10 pemain terburuk yang minim kontribusi saat timnya berhasil menjuarai Liga Inggris dalam satu dekade terakhir.

Liga Inggris merupakan salah satu kompetisi sepak bola paling kompetitif. Tim terbaiklah yang akan keluar sebagai juara di akhir musim.

Akan tetapi, pasti dalam satu tim pemenang ada pemain yang memiliki minim kontribusi. Ia hanya bisa dibilang beruntung bergabung dan akhirnya merasakan gelar juara.

Dilansir dari Give Me Sport, berikut INDOSPORT rangkum 10 pemain terburuk yang minim kontribusi saat timnya meraih juara Liga Inggris dalam satu dekade terakhir.

1. Yuri Zhirkov, Chelsea (2009/10)

Bek kiri asal Rusia ini minim kontribusi saat Chelsea yang dinahkodai Carlo Ancelotti memenangkan Liga Inggris di musim 2009/10. Zhirkov hanya menjadi cadangan mati Ashley Cole, sehingga ia tak mendapatkan tempat utama di skuat The Blues ketika menjadi juara.

2. Darron Gibson, Manchester United (2010/11)

Manchester United diisi pemain bintang seperti Wayne Rooney, Ryan Giggs, dan Paul Scholes. Tapi nama Darron Gibson tidak sebanding dengan nama-nama sebelumnya. Pemain asal Irlandia itu hanya bermain 12 pertandingan dan enam di antaranya sebagai pemain pengganti. Jadi wajar saja jika Gibson disebut pemain buruk yang minim kontribusi.

3. Stefan Savic, Manchester City (2011/12)

Stefan Savic memang bermain bagus untuk Atletico Madrid dan membantu Los Rojiblancos juara Liga Europa 2018. Namun saat membela Manchester City di musim 2011/2012, ia tak memiliki andil besar dengan hanya bermain 11 laga saja.

4. Alexander Buttner, Manchester United (2012/13)

Hanya membuat lima penampilan dan menjadi cadangan Patrice Evra, rasanya membuat Alexander Buttner cocok disebut dengan pemain terburuk yang minim kontribusi.

5. Costel Pantilimon, Manchester City (2013/14)

Kiper Rumania ini hanya bermain tujuh pertandingan saat Manchester City mengalahkan Liverpool dari perburuan gelar.

6. Filipe Luis, Chelsea (2014/15)

Filipe Luis memang tampil apik bersama Atletico Madrid. Namun ketika pindah ke Chelsea, ia menjadi pemain flop. Ia kalah bersaing dengan Cesar Azpilicueta dan hanya bermain 14 pertandingan.

7. Gokhan Inler, Leicester City (2015/2016)

Musim yang indah bagi Leicester memenangi kompetisi Liga Inggris. Tapi ada satu pemain yang tidak bermain apik ketika cerita dongeng Leicester menjadi nyata. Adalah Gokhan Inler yang hanya bermain lima pertanndingan.

8. Nathaniel Chalobah, Chelsea (2016/17)

Saat Chelsea jadi juara Liga Inggris, Nathaniel Chalobah bisa disebut pemain dengan minim kontribusi. Ia hanya tampil 10 laga dan sembilan di antaranya sebagai pemain pengganti.

9. Eliaquim Mangala, Manchester City (2017/18)

Manchester City sukses menembus 100 poin saat memenangi Liga Inggris. Tapi, bek tengah mereka Mangala tak bisa memenuhi ekspektasi publik dan hanya tampil sembilan pertandingan di bawah asuhan Pep Guardiola.

10. Danilo, Manchester City (2018/19)

Musim ini juga fantastis bagi Manchester City yang sukses membuat Liverpool harus bersabar untuk menganggat trofi Liga Inggris. Tapi Danilo adalah salah satu pemain yang minim kontribusi. Nyatanya setahun setelahnya, Danilo dibuang ke Juventus.