Liga Indonesia

Imbas Corona, Deretan Pemain Asing Ini Belum Jalani Debut di Liga 1 2020

Rabu, 1 April 2020 18:28 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© getwallpapers.com/wikipedia
Deretan pemain asing berikut ini belum menjalani debut perdana di Liga 1 2020 imbas serangan virus corona (COVID-19) ke Indonesia. Copyright: © getwallpapers.com/wikipedia
Deretan pemain asing berikut ini belum menjalani debut perdana di Liga 1 2020 imbas serangan virus corona (COVID-19) ke Indonesia.

INDOSPORT.COM - Deretan pemain asing berikut ini belum menjalani debut perdana di Liga 1 2020 imbas serangan virus corona (COVID-19) ke Indonesia.

Kompetisi sepak bola tertinggi Indonesia telah dihelat sejak 29 Februari 2020. Laga pembuka langsung menjajikan derby Jawa Timur.

Pertandingan panas yang dimaksudkan ialah Persebaya Surabaya vs Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Laga berakhir imbang 1-1.

Akan tetapi Liga 1 2020 hanya bisa dihelat hingga pekan ke-3 saja, dimana Persib memimpin klasemen (sembilan poin) dan Wander Luiz memuncaki top skor (empat gol).

Sedangkan pentas Liga 2 2020 juga telah dihelat pada 14 Maret lalu. Laga pembuka mempertemukan Persiba Balikpapan vs Kalteng Putra (3-2).

Pasalnya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memilih untuk menunda kompetisi. Hal tersebut disampaikan usai menggelar pertemuan dengan pihak-pihak terkait.

"Kami putuskan bahwa Liga 1 dan Liga 2 2020 yang sudah terjadwal minimal ditunda dua pekan sembari menanti perkembangan terkini atas penyebaran virus corona," kata Ketum PSSI Mochamad Iriawan, 16 Maret 2020.

Selain dua pentas tersebut, beberapa roda kompetisi lain di bawah naungan PSSI juga turut dihentikan untuk sementara waktu.

Terbaru PSSI menyatakan bahwa status bulan Maret, April, Mei, dan Juni merupakan keadaan darurat bencana berdasarkan SK BNPB.

Sehingga PSSI menunda gelaran Liga 1 dan Liga 2 sampai 29 Mei 2020. Jika situasi berubah ke arah yang lebih baik, maka kompetisi bisa dijalankan.

Akan tetapi andai penyebaran virus corona di Indonesia tak kunjung usai, kemungkinan besar PSSI akan menghentikan kompetisi musim ini.

Nyatanya dampak serangan virus corona di Indonesia ternyata membuat deretan pemain asing Liga 1 2020 ini belum menjalani debutnya.

Padahal kehadiran pemain asing dianggap bisa menjadi jawaban dalam merengkuh prestasi setinggi-tingginya sesuai target klub.

© Instagram/Persela Lamongan
Marcus Vinicius Vidal Cunha alias Marquinhos resmi gabung klub Liga 1, Persela Lamongan. Copyright: Instagram/Persela LamonganMarcus Vinicius Vidal Cunha alias Marquinhos resmi gabung klub Liga 1, Persela Lamongan.

Pemain-pemain asing yang belum menjalani debutnya ialah dua legiun Persela Lamongan, yakni Marquinhos Carioca (Brasil) dan Brian Ferreira (Irak).

Keduanya didaratkan Persela untuk menggantikan Jasmin Mecinovic (Makedonia) dan Shunsuke Nakamura (Jepang). Namun sangat disayangkan kedua legiun luar negeri itu belum menjalani debut di Liga 1 2020.