Liga Indonesia

Kabar Terkini 4 Pemain Asing yang Mualaf saat Berkarier di Indonesia

Rabu, 1 April 2020 17:25 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Tak ada salahnya untuk mengetahui kabar terkini 4 pemain asing yang memilih menjadi mualaf kala berkarier di Indonesia. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Tak ada salahnya untuk mengetahui kabar terkini 4 pemain asing yang memilih menjadi mualaf kala berkarier di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Tak ada salahnya untuk mengetahui kabar terkini 4 pemain asing yang memilih menjadi mualaf kala berkarier di Indonesia.

Indonesia memang dikenal dengan negara yang mayoritas memeluk agama islam. Nuansa relijius di Indonesia memang cukup kental sejauh ini.

Pasalnya di Indonesia memiliki enam agama yang diakui oleh negara, yakni Kristen Protestan, Islam, Hindu, Buddha, Katolik, dan Kong Hu Cu.

Sehingga sisi relijius di Indonesia menjadi sebuah warna tersendiri bagi dunia sepak bola, baik itu di dalam maupun luar lapangan.

Tak jarang para pemain sepak bola meluapkan kegembiraan kala mencetak gol dengan memeragakan sujuh syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Meski begitu hubungan atau pengalaman relijius antara manusia dengan sang pencipta hanya bisa dirasakan oleh individu itu sendiri.

Nuansa islam yang cukup kental di Indonesia tak jarang membuat para pemain sepak bola asing turut merasakan sisi spiritual tersendiri.

Bahkan tak jarang para legiun luar negeri ini tanpa ragu memantapkan diri untuk memeluk agama islam dengan mengucapkan dua kalimat syahadat.

Sejumlah pemain asing yang pernah berkarier di Indonesia ataupun masih sampai saat ini, termasuk yang jadi pelatih, telah banyak menjadi seorang muslim yang taat.

Maka dari itu, berikut ini merupakan kabar terkini deretan pemain (atau mantan pemain) sepak bola yang memilih jadi mualaf di Indonesia.

1. Cristian Gonzales

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Cristian Gonzales mengambil bola atas dari pemain Madura FC. Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTCristian Gonzales mengambil bola atas dari pemain Madura FC.

Salah satu legenda sepak bola Indonesia yang masih aktif bermain, yakni Cristian Gonzales diketahui telah memeluk islam sejak beberapa tahun silam.

Pertemuannya dengan agama islam terjadi kala membela PSM Makassar. Lalu pada 9 Oktober 2003, Gonzales memantapkan diri menjadi mualaf dan mengganti nama islam Mustafa Habibi.

Striker naturalisasi itu merupakan seorang predator di area kotak penalti. Sederet gelar top skor pernah disandangnya dalam berkarier di Indonesia.

Beberapa klub besar seperti PSM, Persik, Persib, Arema, PSS, PSIM Yogyakarta, hingga Timnas Indonesia pernah memakai jasa pria 43 tahun itu.

Kabar terbaru memperlihatkan kalau Cristian Gonzales kabarnya tengah didekati oleh klub Liga 2 2020 Persis Solo. Namun hingga kini keduanya belum terjalin kontrak.

Bahkan lewat unggahan terbaru di akun media sosial Instagram pribadinya, Gonzales turut membagikan tips dalam menghalau penyebaran virus corona (COVID-19).

2. Diego Michiels

© borneofc.id
Pemain naturalisasi Borneo FC Diego Michiels. Copyright: borneofc.idPemain naturalisasi Borneo FC Diego Michiels.

Selanjutnya ada pemain kelahiran Belanda, yakni Diego Michiels yang juga diketahui telah menjadi mualaf kala memutuskan berkarier di Indonesia.

Diego telah menjadi seorang muslimin pada 7 Februari 2013 lalu. Bahkan nama islamnya ialah Diego Muhammad dan telah pindah warga negara menjadi Indonesia.

Diego Michiels mengawali kariernya di Indonesia ketika membela Pelita Jaya (kini Madura United) pada 2011-13. Lalu dirinya berkelana ke beberapa klub lain.

Hingga akhirnya, Diego dipercaya untuk menjadi bagian dari Borneo FC sejak 2016 lalu. Bahkan bek sayap kanan berusia 29 tahun itu telah menjadi kapten tim.

Diego sendiri telah menikah dengan wanita bernama Dhea Ananda Boru Simatupang. Pada Januari 2020 lalu, Diego telah dikaruniai seorang anak.

3. Danilo Fernando

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Skuat PSS Sleman dipimpin Danilo Fernando memilih berlatih secara mandiri di Lapangan YIS, Selasa (25/02/20), meski tak ada perintah dari manajemen untuk menggelar latihan. Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTSkuat PSS Sleman dipimpin Danilo Fernando memilih berlatih secara mandiri di Lapangan YIS, Selasa (25/02/20), meski tak ada perintah dari manajemen untuk menggelar latihan.

Selanjutnya ada mantan pemain sepak bola kelahiran Brasil Danilo Fernando yang juga diketahui telah menjadi seorang mualaf beberapa tahun lalu.

Danilo memutuskan masuk islam pada Januari 2008 silam. Keputusannya menjadi mualaf dipengaruhi karena ingin menikahi sang istri, Windy Fitria Marzuki.

Pria 40 tahun ini memulai karier di Indonesia kala menerima pinangan Petrokimia Putra pada 2003 silam. Lalu menjelajah ke beberapa klub lainnya.

Persebaya, Persik, Deltras, hingga Persisam pernah memakai jasa Danilo Fernando semasa masih aktif bermain dulu (gelandang serang).

Usai sempat dipercaya menjadi Direktur Teknik Borneo FC pada 2014 lalu, kini diketahui kalau Danilo dipercaya menjadi manajer PSS Sleman dan telah mengabdi sejak di Liga 2 2018.

4. Claudio Antonio

© segaf abdullah/bolasport
Asisten pelatih Persija Jakarta Antonio Claudio. Foto: segaf abdullah/bolasport Copyright: segaf abdullah/bolasportMantan asisten pelatih Persija Jakarta Antonio Claudio. Foto: segaf abdullah/bolasport

Terakhir ada mantan pemain Persija Jakarta Antonio Claudio atau biasa disapa Toyo yang diketahui telah menjadi mualaf kala berkarier di Indonesia.

Antonio memutuskan untuk masuk islam ketika memperkuat Semen Padang pada 2010 silam. Seperti diketahui kalau Padang cukup kuat akan kultur agama islam.

Selain Persija dan Semen Padang, pria asal Brasil ini pernah membela beberapa klub sepak bola Tanah Air seperti Persibom, Persih, hingga Villa 2000.

Antonio juga memiliki nama muslim usai memeluk agama islam. Akan tetapi nama tersebut jarang digunakan olehnya sejauh ini.

"Aku ada nama tapi aku jarang digunakan, ya. Namanya waktu itu Fakhruz Zaman," kata Antonio kepada INDOSPORT, Juni 2019.

Pada 2015 lalu, dirinya sempat mengutarakan ingin menjadi Warga Negara Indonesia. Namun hingga kini proses tersebut belum begitu jelas.

Kabar terkini dari Antonio ialah pria 43 tahun ini dipercaya menjadi asisten pelatih Edson Tavares di Borneo FC. Pertemuan keduanya terjadi kala masih sama-sama mengabdi di Persija.

IDS Emoticon Suka
Suka
5%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
20%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
20%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
10%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
15%
IDS Emoticon Marah
Marah
30%