Liga Indonesia

Aktivitas WFH Pemain PSM: Zulkifli Syukur, Mulai Dari Workout Hingga Challenge Bersihkan Rumah

Kamis, 2 April 2020 10:57 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Berikut aktivitas di rumah saja dari pemain klub Liga 1 2020 PSM Makassar, Zulkifli Syukur. Copyright: © Muhammad Effendi/INDOSPORT
Berikut aktivitas di rumah saja dari pemain klub Liga 1 2020 PSM Makassar, Zulkifli Syukur.

INDOSPORT.COM - Berikut aktivitas di rumah saja dari pemain klub Liga 1 2020 PSM Makassar, Zulkifli Syukur.

Imbauan pemerintah untuk beraktivitas di rumah saja selama pandemi virus corona atau istilah bekennya dikenal dengan Work From Home (WFH) tak hanya berlaku untuk para pegawai. Hal ini berlaku juga untuk para pesepak bola.

Seperti yang dialami pemain PSM Makassar yang harus berlatih di rumah masing-masing setelah tim pelatih memberi waktu libur hingga Juni 2020 mendatang. Hal tersebut tak terlepas dari dihentikannya Liga 1 2020 oleh PSSI dan PT LIB.

Para pemain PSM pun terpencar ke kampung halaman masing-masing, utamanya yang berasal dari luar Kota Makassar. Namun, ada juga yang tetap tinggal sebab memang berdomisili di Kota Daeng seperti Zulkifli Syukur.

Pemain senior PSM ini bermukim di salah satu perumahan elite yang berada di tepi laut Kota Makassar. Selama sepekan terakhir, Zulkifli menghabiskan waktu WFH-nya dengan menjankan materi workout (latihan kebugaran) dari tim pelatih.

Seperti yang terlihat di akun instagram pribadinya, Zulkifli mengunggah sebuah video berdurasi 2 menit 28 detik. Video tersebut memperlihatkan dirinya sedang melakukan push up dan sit up masing-masing sebanyak 50 kali.

Sebelumnya, Media Officer (MO) PSM, Sulaiman Karim memang mengatakan bahwa pelatih Bojan Hodak memberikan materi workout kepada pemain. Juga beberapa program latihan lain yang dipantau secara berkala oleh tim pelatih.

"Program latihan dari Coach Bojan selalu dikirim ke grup whatsapp pemain. Jadi instruksi dan informasi dari Coach Bojan ke pemain selalu terjalin," ungkap asisten pelatih PSM, Herrie Setyawan kepada INDOSPORT beberapa waktu lalu.

"Dari hari Sabtu (21/03) kemarin dan seterusnya, Coach Bojan sudah kasih program latihan untuk semua pemain PSM. Semuanya harus dijalankan, itu pesan dari Coach Bojan agar kondisi pemain tetap terjaga," katanya.

Pada unggahan yang berbeda, Zulkifli juga memperlihatkan dirinya sedang melakukan aksi bersih-bersih rumah. Mulai dari dapur, ruang keluarga, ruang tamu, teras rumah, hingga pekarangan tak luput dari jangkauan pesepakbola berusia 35 tahun ini.

Rupanya, aksi bersih-bersih rumah tersebut merupakan challenge (tantangan) yang diberikan oleh dokter PSM, Hardiansyah Muslimin. Untuk menghilangkan kejenuhan juga mengedukasi pemain tentang seberapa pentingnya pola hidup sehat dan bersih.