Bola Internasional

Liga Belgia Berhenti karena Corona, Club Brugge Langsung Juara

Jumat, 3 April 2020 05:02 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Rafif Rahedian
© Nico Vereecken / Photonews via Getty Images
Club Brugge menjadi Juara Liga Belgia Setelah Diberhentikan Copyright: © Nico Vereecken / Photonews via Getty Images
Club Brugge menjadi Juara Liga Belgia Setelah Diberhentikan

INDOSPORT.COM - Liga Belgia 2019/20 secara resmi telah diberhentikan permanen karena pandemi virus corona, dan Club Brugge dipastikan juara pada musim ini.

Sebagai hasil dari keputusan itu, Club Brugge dinobatkan sebagai juara baru Liga tertinggi Belgia. Sedangkan AA Gent menjadi runner-up karena selisih 15 poin di bawah Club Brugge.

Sebelumnya, Liga Belgia masih menyisakan satu pertandingan terakhir dan babak play-off. Namun laga itu harus dibatalkan karena pandemi virus corona yang sudah menyebar di daratan Eropa.

Jika pertandingan tersebut memang harus dilanjutkan maka keenam tim yang berada di klasemen atas akan berhadapan di babak play-off.

Namun hal itu belum sempat terlaksana, Liga Belgia harus ditangguhkan hingga Maret. Setelah melihat perkembangan kondisi di dunia saat ini, secara resmi kompetisi pada musim ini harus diberhentikan secara peranen dan menobatkan Club Brugge sebagai juara.

Pada musim lalu, Club Brugge hanya menempati posisi runner-up di bawah Racing Genk. Sedangkan pada musim ini, Genk malah menduduki peringkat ketujuh sebelum liga ditunda untuk sementara waktu.

Keputusan memberikan gelar juara kepada Brugge diambil oleh Dewan Liga Pro yang harus diratifikasi pada pertemuan 24 klub di dua divisi teratas. Kendati begitu 17 klub di antaranya sudah menyetujuhi keputusan untuk memberhentikan Liga Belgia.