Bola Internasional

3 Bintang Timnas Keturunan Indonesia Turut Pecundangi Pemain Malaysia di Eropa

Sabtu, 4 April 2020 17:36 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Vincent Van Doornick/Isosport/Getty Images
Sedikitnya ada 3 bintang tim nasional (timnas) keturunan Indonesia yang turut pecundangi pemain Belgia berdarah Malaysia Dion Johan Cools di Eropa. Copyright: © Vincent Van Doornick/Isosport/Getty Images
Sedikitnya ada 3 bintang tim nasional (timnas) keturunan Indonesia yang turut pecundangi pemain Belgia berdarah Malaysia Dion Johan Cools di Eropa.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 3 bintang tim nasional (timnas) keturunan Indonesia yang turut pecundangi pemain Belgia berdarah Malaysia Dion Johan Cools di Eropa.

Dion Cools menambah daftar pemain dari Asia Tenggara yang mentas di Eropa. Hal ini membuat geliat sepak bola Asia Tenggara semakin panas.

Cools saat ini tengah membela klub Liga 1 Denmark FC Midtjylland. Dirinya dikontrak sejak 31 Januari 2020 hingga 30 Juni 2023.

Kabar ini pun memupuskan harapan wakil Liga Super Malaysia Johor Darul Ta'zim yang sempat menginginkan jasa Cools.

Sebelumnya Cools sempat bermain untuk klub Liga 1 Belgia Club Brugge selama kurang lebih empat setengah musim (2015-19).

Bek sayap kanan dengan tinggi 185 cm itu sejauh ini masih membela tim nasional Belgia kelompok umur. Sehingga ada kemungkinan berkiprah di Timnas Malaysia senior.

Meski bermain di Denmark, tak menutup kemungkinan Cools bakal bersua dengan wonderkid Indonesia, yakni Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

Egy Maulana Vikri saat ini tengah berjuang di klub Liga 1 Polandia Lechia Gdansk. Sedangkan Witan Sulaeman dikontrak FK Radnik Surdulica (Serbia).

© Vincent Van Doornick/Isosport/Getty Images
Pemain Belgia keturunan Malaysia saat membela Club Brugge Dion Johan Cools. Copyright: Vincent Van Doornick/Isosport/Getty ImagesPemain Belgia keturunan Malaysia saat membela Club Brugge Dion Johan Cools.

Kemungkinan pertemuan Cools dengan Egy ataupun Witan dapat terjadi di ajang uji coba ataupun pertandingan resmi Eropa.

Kendati begitu nyatanya ada hal yang cukup menarik untuk diketahui bersama pada penggila sepak bola di Indonesia.

Sebab pemain keturunan Malaysia itu ternyata pernah dipecundangi oleh tiga pemain timnas keturunan Indonesia di pentas Eropa.

Hal itu terjadi ketika Dion Cools bermain untuk Belgia U-19. Lawannya kala itu ialah Belanda U-19 pada 18 November 2014 dalam laga uji coba.

Siapa sangka dalam laga tersebut, Belanda U-19 disertai dua pemain keturunan Indonesia, yakni bek kiri Calvin Verdonk dan bek kanan Kevin Diks.

Nama Calvin Verdonk sempat masuk dalam daftar pemain keturunan Indonesia yang dirilis oleh Kemenpora pada 2017 lalu.

Di sisi lain Kevin Diks merupakan pemain Belanda keturunan Indonesia lewat garis kakek dan nenek asal Ambon.

Pertandingan Belanda U-19 vs Belgia U-19 berakhir dengan skor 3-1. Cools tampil penuh sedangkan Verdonk dan Diks turut diganti.

© INDOSPORT
Kevin Diks selebrasi saat bersagam Vitesse. Copyright: INDOSPORTKevin Diks selebrasi saat bersagam Vitesse Arnhem.

Kemudian Cools juga sempat bersua dengan kiper Emil Audero Mulyadi. Pertemuan keduanya terjadi di laga Belgia U-19 vs Italia U-19.

Laga yang berlangsung pada 22 Juni 2019 lalu dalam tema Piala Eropa U-19 berakhir dengan skor 1-3 untuk Emil Audero.

Cools tampil sebagai starter selama 90 menit (dapat kartu di menit ke-56). Sedangkan Emil Audero hanya duduk di bangku cadangan saja.

Emil memiliki darah Indonesia dari sang ayah. Bahkan Emil lahir di Mataram, Bali 23 tahun silam tetapi memilih paspor Italia.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%