Liga Indonesia

Liga 1 Stop karena Corona, Pemain Borneo FC Pilih Kuliah Online

Minggu, 5 April 2020 13:43 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© Borneo FC
Pemain Borneo FC, Sutan Samma, memanfaatkan waktu berhentinya Liga 1 2020 karena virus Corona untuk kuliah. Copyright: © Borneo FC
Pemain Borneo FC, Sutan Samma, memanfaatkan waktu berhentinya Liga 1 2020 karena virus Corona untuk kuliah.

INDOSPORT.COM - Nihilnya kompetisi sepak bola di Tanah Air akibat pandemi virus Corona, membuat sejumlah pemain memiliki waktu kosong di samping latihan mandiri. Alhasil, penggawa Borneo FC Sultan Samma memanfaatkan berhentinya kompetisi Liga 1 untuk mengikuti kuliah online.

Sebagaimana diketahui, PSSI sudah menghentikan kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 selama masa darurat virus Corona atau Covid-19, dan dipastikan tidak ada laga hingga Juni nanti. Masa force majeure ini bisa saja menjadi lebih panjang jika pandemi tak kunjung usai.

Guna memanfaatkan waktu kosong hingga Juni nanti, eks gelandang Bali United yang kini memperkuat Borneo FC, Sultan Samma memilih untuk mengikuti kuliah lanjutan di salah satu kampus swasta di Samarinda, Kalimantan Timur.

Namun, karena adanya aturan social distancing dari pemerintah, atau aturan menjaga jarak agar tidak melakukan kontak fisik dan berpotensi tertular virus Corona, Sultan Samma pun hanya diperbolehkan mengikuti kuliah dengan sistem online.

"Iya benar. Selama Covid-19 ini kuliah diliburkan, jadi sistemnya online," ungkap Sultan Samma seperti dilansir dari laman resmi Borneo FC, Minggu (05/04/20).

"Pertamanya sih aneh, tapi lama-lama ya lancar saja, karena itu aturan dari pemerintah untuk memutus virus ini, jadi kita belajar dari rumah. Bedanya, bisa lebih santai sih kalau kuliah online," tambah pesepak bola 33 tahun tersebut.

Selain kuliah online, pesepakbola yang juga sempat berkostum Timnas Indonesia itu mengaku tetap olahraga dan latihan di rumah, sebagaimana program yang diberikan pelatih Edson Tavares. Sultan Samma juga lebih meluangkan waktu untuk keluarganya selama libur kompetisi.

"Saya di rumah jaga kesehatan. Olahraga di dalam rumah, main sama anak dan kerja," pungkasnya.

Sebelum memperkuat Borneo FC, Sultan Samma pernah tercatat sebagai pemain Bali United Pusam yang dibesut oleh pelatih Indra Sjafri. Sayangnya, saat itu Liga Indonesia 2015 harus dihentikan karena PSSI dibekukan oleh Kemenpora dan mendapat sanksi FIFA.