In-depth

Bukan Legenda Biasa, Para Maestro Lapangan Hijau dalam Pita Film Dokumentar

Minggu, 5 April 2020 15:41 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© thenational
Kisah kesuksesan para pesepak bola dunia memang menarik untuk diikuti, namun hanya mereka yang terpilih yang diabadikan dalam film pita dokumentar. Copyright: © thenational
Kisah kesuksesan para pesepak bola dunia memang menarik untuk diikuti, namun hanya mereka yang terpilih yang diabadikan dalam film pita dokumentar.

INDOSPORT.COM - Kisah kesuksesan para pesepak bola dunia memang menarik untuk diikuti, namun hanya mereka yang terpilih yang diabadikan dalam film pita dokumentar. 

Selama satu abad terakhir sepak bola telah melahirkan lusinan pemain-pemain terbaik di muka bumi. Dari mulai Pele sampai Cristiano Ronaldo, aksi menawan para maestro selalu mengejutkan dunia. 

Namun, tak ada yang lebih menarik ketimbang mengikuti kisah perjuangan sang maestro lapangan hijau. Hal ini pun memancing para pembuat film untuk mengabadikan kisah hidup mereka dalam sebuah film dokumentar. 

Di dunia ini hanya segelintir pesepak bola terpilih yang mendapat kehormatan untuk sebuah pita dokumentar perjalanan hidup. Siapa saja pesepak bola terhormat yang terabadikan dalam pita film? 

1. Ronaldo (2015)

Sebuah film dokumentar berjudul Ronaldo dirilis pada tahun 2015. Film ini mengisahkan tentang perjalanan hidup sang megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo. 

Dalam pembuatan film dokumentar biografi ini, untuk pertama kalinya Ronaldo secara bebas memberikan kesempatan para kru film merekam kehidupan pribadinya. 

Film ini sendiri menampilkan kisah Ronaldo dalam merintis karier spektakuler di sepak bola. Termasuk keluarganya, ibu, anak, dan pencapaian fenomenal berupa triple Ballon d'Or. 

Film berdurasi 1 jam 42 detik itu menampilkan keseharian sang legenda serta berbagai rintangan yang dihadapi selama karier. Film yang diproduksi selama 14 bulan ini wajib Anda tonton jika mengaku penggemar si kulit bundar. 

2. David Beckham: A Footballers Story (2006)

Film dokumentar legendaris tahun 2006 ini mengisahkan tentang perjalanan hidup pesepak bola terbesar Inggris, David Beckham. 

Film ini mengisahkan perjalanan hidup dan karier sepak bola David Beckham, termasuk kisah perseteruannya dengan Alex Ferguson di Manchester United. 

Penggemar Manchester United wajib menonton film dokumentar ini karena di sinilah terekam kesedihan mendalam Beckham saat harus meninggalkan Old Trafford demi mimpi ke Spanyol bersama Real Madrid. 

Film ini juga menceritakan pertemuannya dengan sang istri, Victoria Beckham. Victoria sendiri juga turut berkontribusi dalam pembuatan film ini. 

3. Messi (2014)

Jika ada film dokumentar tentang Ronaldo, maka tentu saja ada film yang mengisahkan tentang Lionel Messi. Film ini bahkan dirilis setahun lebih dulu dari film Ronaldo. 

Kisah hidup legenda terbesar Barcelona ini terabadikan dalam sebuah film dokumentar berdurasi 1 jam 33 menit berjudul Messi. 

Film biografi ini mengisahkan perjuangan seorang remaja mungil asal Argentina hingga menjadi pesepak bola terbaik di dunia. Film ini juga mengikutsertakan wawancara dengan teman kecil messi, para pemain sepak bola, dan jurnalis. 

4. Maradona The Hand of God (2007)

Kisah legenda sepak bola Argentina, Diego Maradon, mungkin yang paling menarik untuk dibuat ke dalam sebuah film dokumentar. 

Selain kehebatan dan prestasinya yang luar biasa di lapangan hijau, Maradona juga dikenal sebagai pribadi yang penuh kejutan di luar lapangan

Film biopic ini mengangkat kisah hidup Maradona dari seorang bocah miskin di Argentina sampai karier sepak bola dan kepelatihannya. Salah satu film dokumentar sepak bola terbaik ini juga mengangkat kisah heroiknya di Piala Dunia 1986 ketika Gol Tangan Tuhan tercipta. 

5. Pele: Birth of Legend (2016)

Film yang diproduksi tahun 2016 ini mengisahkan tentang perjalanan hidup Edson Arantes Do Nascimento alias Pele. Pesepak bola terbesar dalam sejarah Brasil dan dunia. 

Film ini mengangkat kisah jatuh bangun Pele menjadi pesepak bola profesional dan tentu saja pahlawan Brasil di Piala Dunia 1958. Luka seorang anak 9 tahun yang menyaksikan negaranya kalah dari Uruguay di Piala Dunia 1950 membuatnya bertekad membawa Brasil menjuarai Piala Dunia. 

Film mengharukan ini juga menceritakan hubungan Pele dengan sang ayah yang menjadi inspirasi terbesarnya. Dengan tekad dan kesungguhan, Pele pun berhasil mewujudkan mimpinya.