Liga Spanyol

Lionel Messi Masih Lebih Unggul dari Tiga Ronaldo Sekaligus

Senin, 6 April 2020 17:43 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mantan gelandang andalan Barcelona, Xavi Hernandez, memuji Lionel Messi sebagai pemain terbaik sepanjang masa. Tidak sungkan-sungkan, Xavi bahkan menyebut mantan rekan setimnya itu berada di level yang lebih tinggi dari tiga Ronaldo sekaligus.

Messi kini memegang rekor sebagai pemenang 6 Ballon D’or, dengan terakhir kali meraih gelar tersebut pada tahun lalu. Ia mengungguli rival utamanya Cristiano Ronaldo yang baru meraih gelar tersebut sebanyak 5 kali.

Performa gemilang Messi bahkan masih belum menurun meski kini ia telah berusian 32 tahun. Musim ini Messi masih mempertahankan ketajamannya dengan menyumbangkan 24 gol serta 16 assist dari 31 penampilannya musim ini.

Dilansir media Spanyol, AS, Xavi hernandez bahkan menyebut Messi sebagai yang terbaik, di atas tiga Ronaldo sekaligus. Ketiga Ronaldo yang dimaksud adalah Cristiano Ronaldo, Ronaldo Luiz Nazario alias Ronaldo Brasil, serta Ronaldo de Assis Moreira alias Ronaldinho.

Xavi yang juga sempat bermain bersama Ronaldinho di Barcelona, menyebut bintang asal Brasil tersebut sebenarnya punya potensi untuk menjadi pemain terbaik  sepanjang masa. Apalagi Ronaldinho dikenal memiliki kemampuan olah bola yang mumpuni, sekaligus selalu menampilkan permainan yang indah dan menghibur.

Namun, menurutnya Ronaldinho kekurangan satu hal penting, yakni konsistensi. “Ronaldinho berada di level pemain terbaik. Mungkin hal yang kurang darinya adalah konsistensi,” kata Xavi yang kini menjadi pelatih klub Al-Sadd di Qatar.

Lebih lanjut ia menyebut satu faktor itulah yang membedakan Ronaldinho dari Messi. “Mungkin dia kekurangan konsistensi masa puncaknya. Bagi saya, hanya Messi yang berada di atas Ronaldinho karena konsistensinya selama beberapa musim terakhir.”

“Messi adalah yang terbaik sepanjang sejarah, tapi Ronaldinho juga salah satu yang terbaik. Dia (Ronaldinho) ada dalam kelompok yang sama dengan Ronaldo Nazario dan Cristiano Ronaldo, dan Messi.”

Xavi sendiri dikenal sempat bermain bersama dengan Lionel Messi dan Ronaldinho selama berkarier di Barcelona. Kerja sama ketiganya bahkan sempat berbuah manis dengan membawa Barcelona meraih gelar ganda LaLiga Spanyol dan Liga Champions pada musim 2005/2006