Liga Italia

Ronaldo, Calon Pesepak Bola Pertama yang Punya Pendapatan Triliunan Rupiah

Senin, 6 April 2020 09:51 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, bakal menjadi pemain sepak bola pertama yang punya pendapatan triliunan rupiah, bahkan hampir menyamai Tiger Woods dan Floyd Mayweather dalam hal ini.

Cristiano Ronaldo memang telah menjadi salah satu pemain paling fenomenal di era sekarang. Selain karena kemampuannya yang memukau, striker asal Portugal itu juga memiliki pendapatan yang sangat besar, yang tidak hanya berasal dari dunia sepak bola.

Melansir dari laman portal berita olahraga Forbes, Ronaldo telah memiliki pendapatan sebanyak 89 juta poundsterling atau sekitar Rp1,7 triliun, termasuk 53 juta pounds (sekitar Rp1,06 triliun) gaji dan bonusnya. Karena hal tersebut, ia menjadi pemain dengan upah tertinggi ke-2 setelah Lionel Messi.

Selain itu, nilai komersial dari Ronaldo pada 2019 juga mencapai 796 ribu poundsterling atau setara dengan Rp16 miliar per unggahan di akun Instagram pribadinya yang bersponsor. Ini merupakan pendapatan yang paling tinggi dibanding pemain sepak bola manapun di dunia.

Tahun ini, meski Italia menjadi korban keganasan COVID-19 atau yang disebut virus corona, dimana berbagai kejuaraan olahraga (termasuk Serie A Liga Italia) ditunda, tapi Ronaldo tetap diperkirakan bakal mendapatkan 74 juta poundsterling (Rp1,5 triliun). Padahal, Juventus sendiri sedang krisis ekonomi.

Dengan sering mendapat tawaran dari berbagai iklan, seperti sepatu olahraga, pakaian dalam, parfum, sampai menjadi cover di video game FIFA 19, bintang asal Portugal yang pernah memperkuat Manchester United dan Real Madrid itu bakal menjadi pemain sepak bola terkaya sedunia di 2020.

Akan tetapi, dirinya masih tetap berada di belakang megabintang golf yang bernama Tiger Woods dan pemain tinju tenar yang bernama Floyd Mayewather. Pasalnya, dua legenda olahraga dunia itu sudah memiliki jalan karir yang lebih lama ketimbang Cristiano Ronaldo.