Liga Indonesia

Ada Rekan Virgil van Dijk, Intip Pemain Termahal Persebaya Sepanjang Liga 1

Selasa, 7 April 2020 22:01 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Ada Rekan Virgil van Dijk, Pemain Termahal Persebaya Sepanjang Liga 1 Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Ada Rekan Virgil van Dijk, Pemain Termahal Persebaya Sepanjang Liga 1

INDOSPORT.COM - Termasuk mantan rekan bintang Liverpool, Virgil van Dijk, berikut deretan pemain termahal yang pernah ada di skuat Persebaya sepanjang Liga 1 Indonesia.

Persebaya Surabaya sendiri berhasil tampil impresif pada gelaran Liga 1 2019 lalu, di mana skuat berjuluk Bajul Ijo tersebut mampu finish sebagai runner up dengan selisih 10 poin dari Bali United yang menjadi juara.

Capaian yang didapat Persebaya terbilang mengejutkan, sebab anak asuh Aji Santoso tersebut masih berstatus 'anak baru' alias baru semusim berada di kasta tertinggi Liga Indonesia.

Persebaya sejatinya merupakan tim promosi dari Liga 2 sejak 2018 lalu, namun hanya butuh semusim buat Bajul Ijo untuk membuktikan kapasitas mereka sebagai klub papan atas.

Pada musim pertama di Liga 1 tahun 2018, Rendi Irawan dan kolega berhasil finish di peringkat kelima sekaligus menjadi tim promosi yang paling bersinar di musim tersebut.

Gemilangnya penampilan Persebaya dalam dua musim terakhir di Liga 1, disebabkan karena rencana transfer tim yang berjalan sukses dengan mendatangkan pemain-pemain bintang.

Meski mahal, namun beberapa pemain ini sukses memberikan kontribusi, dan berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas deretan pemain termahal yang pernah menghiasi Persebaya sepanjang Liga 1.

Amido Balde
Pemain pertama yang memiliki market value cukup mahal dalam skuat Persebaya adalah Amido Balde, mantan rekan setim Virgil van Dijk di klub Celtic tersebut didatangkan Bajul Ijo pada 2019 silam.

Dilansir dari laman Transfermarkt, diketahui jika Amido Balde memiliki market value sebesar 350 ribu euro, atau setara Rp. 6,2 miliar.

Namun sayang, dengan harga mahal tersebut Amido Balde gagal memberikan kontribusi maksimal di Liga 1 dengan hanya mencetak lima gol. Penampilan Amido Balde baru bersinar ketika tampil di Piala Presiden dan Piala Indonesia, di mana ia bisa mencetak 10 gol dari 11 laga.

Manuchekhr Dzhalilov
Berikutnya ada Manuchekhr Dzhalilov, mantan gelandang Sriwijaya FC tersebut didatangkan Persebaya di musim 2018 silam dengan harga 350 ribu euro.

Sayangnya, penampilan Manuchekhr Dzhalilov juga serupa dengan Amido Balde yakni gahar di pertandingan pra musim sekelas Piala Presiden dan juga Piala Indonesia, namun kurang moncer di Liga 1.

Total dalam 12 pertandingan di Piala Indonesia dan Piala Presiden, Manuchekhr Dzhalilov berhasil mencetak enam gol serta dua assists. Sedangkan di Liga 1 dirinya cuma mencetak satu gol dan lima assists dari 14 laga.

Makan Konate
Pemain termahal Persebaya sepanjang Liga 1 sejauh ini dipegang oleh Makan Konate, mantan pemain Arema FC yang didatangkan pada musim 2020 tersebut diketahui memiliki market value sebesar 475 ribu euro atau setara dengan Rp. 7,9 miliar.

Harga mahal Makan Konate tampak sesuai dengan penampilannya, terbukti ia langsung memberikan gelar juara buat Persebaya di turnamen pra-musim tepatnya di Piala Gubernur Jatim 2020.

Sementara di Liga 1 2020, kemampuan dirinya belum terlihat jelas lantaran kompetisi berhenti pada pekan kedua. Namun dari dua laga yang telah dijalani, Makan Konate mampu memberikan satu assist.