Liga Indonesia

Lakukan Tes PCR, Asisten Pelatih Timnas Indonesia Gong Oh-kyun Dikabarkan Negatif Corona

Selasa, 7 April 2020 15:36 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© goalzz.com
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membeberkan kondisi terkini asisten pelatih Gong Oh-kyun. Shin Tae-yong mengatakan bahwa Gong sudah dinyatakan negatif corona berdasarkan tes PCR. Copyright: © goalzz.com
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membeberkan kondisi terkini asisten pelatih Gong Oh-kyun. Shin Tae-yong mengatakan bahwa Gong sudah dinyatakan negatif corona berdasarkan tes PCR.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membeberkan kondisi terkini asisten pelatih Gong Oh-kyun. Shin Tae-yong mengatakan bahwa Gong sudah dinyatakan negatif corona berdasarkan tes PCR.

Tes PCR sendiri atau Polimerase Chain Reaction. Tes PCR dilaporkan memiliki akurasi lebih tinggi dibanding rapid test. Rapid test yang alatnya berasal dari China disebut hanya punya ketepatan 50-70 persen, sementara PCR sendiri tesnya meliputi SWAB, CT Scan Thorax, cek fungsi hati, dan elektrolit.

"Pelatih Gong beruntung, karena ia menerima hasil negatif dari tes amplifikasi genetik (PCR)," kata Shin Tae-yong seperti dilansor dari Yonhap.

Sebelumnya, Gong dinyatakan positif Corona usai melakukan dua kali rapid test di salah satu rumah sakit di Indonesia. Tes ini pun turut dilakukan oleh Shin Tae-yong, Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, Lee Jae-hong, namun hasil ketiganya negatif hanya Ging yang dinyatakan positif.

Akibat hasil ini, Gong terpaksa batal kembali ke Korea Selatan. Sementara tiga pelatih lainnya yang negatif telah kembali ke Korea Selatan sejak Sabtu (04/04/20) kemarin.

Di Korea Selatan sendiri hasil tes PCR tidak membutuhkan waktu lama untuk diketahui yakni hanya membutuhkan waktu enam jam. Namun di Indonesia dikabarkan lebih lama dan membutuhkan beberapa hari karena memang keterbatasan laboratorium yang bisa melakukan pengecekan tersebut.