Bola Internasional

Jadi Inspirasi, Striker Tambun Timnas Indonesia Dianggap Pahlawan di Belanda

Selasa, 7 April 2020 05:05 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images
Berhasil memberikan inspirasi, mantan striker Timnas Indonesia bertubuh tambun ini dianggap sebagai pahlawan di negara Belanda. Copyright: © Getty Images
Berhasil memberikan inspirasi, mantan striker Timnas Indonesia bertubuh tambun ini dianggap sebagai pahlawan di negara Belanda.

INDOSPORT.COM - Berhasil memberikan inspirasi, mantan striker timnas Indonesia bertubuh tambun ini dianggap sebagai pahlawan di negara Belanda.

Adalah Jhonny van Beukering, mantan pemain naturalisasi timnas Indonesia tersebut sempat menjadi perbincangan pada 2012 silam lantaran dianggap gagal memenuhi ekspektasi.

Dengan badan yang gempal, Jhonny van Beukering gagal menjadi mesin gol timnas Indonesia. Bahkan sejak masuk skuat Garuda pada gelaran Piala AFF 2012, ia cuma bermain sekali saat berhadapan dengan Malaysia.

Dengan postur tambunnya, Jhon van Beukering menjadi bahan lelucon oleh suporter Indonesia karena tak mampu mengejar bola, membuat peluang, dan semacamnya.

Meski di Indonesia sosok Van Beukering pernah diperolok para fans, namun di Belanda sang pemain malah mendapat pujian tinggi bahkan dianggap sebagai pahlawan lokal.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Jord Ross, salah satu pelatih tim junior Liga Belanda, yakni NEC Nijmegen U-17. Kepada INDOSPORT, mantan pemain yang juga rekan Jhonny van Beukering ini, menyebut koleganya memberikan inspirasi bagi warga lokal Belanda.

Sebab sebelum gabung dengan tim kasta teratas Liga Belanda sekelas Feyenoord, sosok Jhonny van Beukering banyak mendapat ejekan karena postur tubuh tambunnya, namun sang pemain berhasil sukses dan membuktikan kualitasnya.

"Jhony adalah pahlawan NEC, karena dia punya badan gemuk untuk pemain sepak bola profesional, bahkan banyak yang memanggilnya Jhonny van de Burgerking di Belanda," ucap Jord Ross.

"Tapi dia membuktikan kualitasnya dengan mencetak banyak gol-gol penting, kemudian bergabung dengan tim papan atas Belanda bersama Feyenoord Rotterdam. Dia adalah penyerang hebat dan sangat terkenal di Belanda," tambahnya.

Jhonny van Beukering sendiri memang pernah tampil impresif bersama NEC Nijmegen. Total 47 laga dirinya berhasil mencetak 15 gol, dan periode 2010-2011 bergabung dengan Feyenoord meski cuma mampu tampil sebanyak tiga laga.

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%