In-depth

Apa Kabar Ze Roberto? Dewa Kaki Kiri Brasil yang Tak Pernah Juara Piala Dunia

Kamis, 9 April 2020 05:05 WIB
Editor: Coro Mountana
© Alexandre Schneider/Getty Images
Apa Kabar Ze Roberto? Dewa Kaki Kiri Brasil yang Tak Pernah Juara Piala Dunia. Copyright: © Alexandre Schneider/Getty Images
Apa Kabar Ze Roberto? Dewa Kaki Kiri Brasil yang Tak Pernah Juara Piala Dunia.

INDOSPORT.COM – Ze Roberto merupakan bagian dari generasi emas Brasil yang punya kaki kiri mematikan tapi tak pernah menjuarai Piala Dunia, apa kabarnya kini?

Siapa tak kenal Ze Roberto? Dia adalah dewa kaki kiri dari Brasil pada era akhir 90-an hingga 2000-an. Bisa dikatakan kemampuan spesial yang dimiliki Ze Roberto hanya bisa dikalahkan oleh Roberto Carlos.

Berposisi sebagai bek kiri, potensi besar dari bakat Ze Roberto sudah dicium Real Madrid yang meminangnya pada 1997 dari klub Brasil, Portuguesa. Meski hanya bermain semusim, Ze Roberto masuk dalam skuat yang membawa Real Madrid juara Liga Champions.

Sempat pulang ke Brasil untuk membela Flamengo, Ze Roberto langsung diangkut lagi ke Eropa oleh Bayer Leverkusen. Bersama Bayer Leverkusen, Ze Roberto nyaris membawa tim Jerman itu juara Liga Champions 20002 andai tidak dihentikan Real Madrid di babak final.

Namun demikian, nasib membawanya untuk memenangi semua gelar di Jerman bersama Bayern Munchen dalam 2 periode. Sebelum akhirnya singkat cerita Ze Roberto memutuskan gantung sepatu pada 2017 lalu di klub Brasil, Palmeiras.

Sebagai dewa kaki kiri yang merupakan bagian dari generasi emas Timnas Brasil bersama Roberto Carlos, Ronaldo, dan Rivaldo, ternyata Ze Roberto tak pernah juara Piala Dunia, bagaimana bisa?

Buang Real Madrid Demi Piala Dunia

© 90min.com
Ze Roberto melakukan selebrasi saat berseragam Palmeiras Copyright: 90min.comZe Roberto melakukan selebrasi saat berseragam Palmeiras

Padahal Piala Dunia merupakan sebuah ajang yang sangat penting bagi Ze Roberto. Bahkan ia sampai rela pindah dari Real Madrid ke Flamengo demi mendapatkan kesempatan bermain yang tak bisa ia dapatkan banyak di Los Blancos.

Harapannya dengan bermain di Liga Brasil, Ze Roberto ingin memperbesar peluangnya dipantau dan masuk Timnas Brasil di Piala Dunia 1998. Hasilnya ia memang masuk dalam skuat Brasil tetapi saat itu negaranya kalah di final dari Prancis.

Menjelang Piala Dunia 2002, Ze Roberto pun berharap agar bisa masuk skuat Timnas Brasil. Tapi nasib berkata lain karena Ze Roberto mengalami cedera sehingga ia hanya bisa menyaksikan rekan-rekannya mengangkat trofi Piala Dunia 2002.

© fifa.com
Cafu mengangkat trofi Piala Dunia 2002. Copyright: fifa.comCafu mengangkat trofi Piala Dunia 2002.

Kesempatan datang lagi bagi Ze Roberto yang dipanggil Timnas Brasil untuk bermain di Piala Dunia 2006. Bermain begitu apik sehingga masuk dalam skuat All Star Piala Dunia 2006, tetapi Ze Roberto hanya bisa pasrah melihat Brasil kalah di 8 besar melawan Prancis.

Piala Dunia 2006 pun menjadi kesempatan terakhir bagi Ze Roberto untuk membawa Brasil meraih gelar juara. 14 tahun berlalu sejak Ze Roberto mengubur impiannya membawa Brasil juara Piala Dunia, apa kabarnya kini?

Kabar Terkini Ze Roberto

Sejak memutuskan untuk pensiun pada usia 43 tahun di tahun 2017 bersama Palmeiras, ternyata ia langsung ditawari sebuah jabatan penting. Jabatan itu adalah menjadi penasihat teknis atau secara nomenklatur, manajer klub Palmeiras.

Tak hanya aktif sebagai orang di balik layar Palmeiras, Ze Roberto menurut laporan dari Globo Esporte juga membuka meseum di dalam rumahnya yang menyimpan berbagai koleksi jersey dan kenangannya selama bermain sepak bola.

Sedangkan di akun Twitter pribadinya, @ZR11, diketahui kalau Ze Roberto sesekali menjadi pembicara di acara seminar motivator. Itulah kabar terkini Ze Roberto, dewa kaki kiri dan bagian dari generasi emas Brasil yang tak pernah bisa juara Piala Dunia.