In-depth

Apa Kabar Ilhan Mansiz? Pahlawan Turki di Piala Dunia 2002 yang Dipaksa Pensiun Dini

Senin, 6 April 2020 05:05 WIB
Editor: Coro Mountana
© Arif Hudaverdi Yaman/Anadolu Agency/Getty Images
Eks pemain Timnas Turki, Ilham Mansiz. Copyright: © Arif Hudaverdi Yaman/Anadolu Agency/Getty Images
Eks pemain Timnas Turki, Ilham Mansiz.

INDOSPORT.COM - Ilhan Mansiz merupakan pahlawan Turki di Piala Dunia 2002 yang dipaksa untuk pensiun dini, apa kabarnya kini?

Turki sudah jelas bukanlah kekuatan sepak bola utama di Eropa, tapi di Piala Dunia 2002, mereka berhasil menciptakan kejutan.

Ditangani oleh pelatih legendarisnya, Senol Gunes dan berisikan pemain bintang seperti Hasan Sas, Hakan Sukur dan Rustu Recber membuat Turki cukup disegani. Apalagi Turki saat itu juga memiliki sesosok pemain kunci bernama Ilhan Mansiz.

Memang perannya hanya sebagai pemain pengganti, tapi gol emasnya melawan Senegal di babak perempatfinal Piala Dunia 2002 sukses membuat satu negara Turki berguncang. Soalnya, untuk pertama kalinya Turki berhasil mencapai semifinal Piala Dunia.

Tak cukup sampai disitu, Ilhan Mansiz juga mencetak dua gol yang membuat Turki mengalahkan Korea Selatan dalam perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2002. Seketika Ilhan Mansiz pun menjadi pahlawan di Turki usai Piala Dunia 2002.

Namun sayang tak lama setelah itu juga, Ilham Mansiz dipaksa untuk pensiun dini dan mengucapkan selamat tinggal kepada sepak bola.

Kehancuran Karier Ilhan Mansiz

© FIFA
Legenda sepak bola Turki, Ilhan Mansiz. Copyright: FIFALegenda sepak bola Turki, Ilhan Mansiz.

Kehidupan yang begitu enak dari Ilhan Mansiz mendadak berubah 180 derajat pada tahun 2007. Saat itu, Ilhan Mansiz mengalami kecelakaan mobil parah yang menghancurkan lututnya dan memaksanya untuk pensiun dini dari sepak bola.

Pahlawan Turki kelahiran tahun 1975 itu sebelumnya telah malang melintang di berbagai klub Eropa seperti Koln, Besiktas dan Hertha Berlin. Selain itu, Ilhan Mansiz juga tercatat pernah bermain di Asia tepatnya bersama klub Jepang, Vissel Kobe.

Namun, cedera lutut parah yang merusak ligamen memaksa Ilhan Mansiz pensiun dini dari sepak bola. Di tengah kegamangan setelah tidak bisa bermain sepak bola lagi, Ilhan Mansiz ternyata berhasil mendapatkan kehidupan keduanya.

Kehidupan Kedua Ilhan Mansiz

©
Caption Copyright: Ilhan Mansiz bersama sang kekasih, Olga Betandigova.

Berawal dari acara TV Buzda Dans, Dancing On Ice Turki, Ilhan Mansiz menerima tawaran untuk menjadi seorang atlet skating. Di olahraga skating jugalah, Ilhan Mansiz mendapatkan kehidupan kedua dan semangatnya kembali.

Tak hanya itu, Ilhan Mansiz juga bertemu dengan belahan jiwanya sesama atlet skating bernama Olga Betandigova. Bersama Olga, Ilhan Mansiz pun mengikuti kualifikasi Olimpiade musim dingin 2014.

Meski pada akhirnya gagal lolos, Ilhan Mansiz sudah mendapatkan kehidupan keduanya setelah hancur di sepak bola dengan beralih ke dunia skating.

Kabar Terkini Ilhan Mansiz

Kini di usia yang ke-44 tahun, Ilhan Mansiz terlihat tidak begitu aktif di Instagram karena semua unggahannya terlihat kosong atau mungkin sudah dihapus semua. Dari profil fotonya, terlihat Ilhan Mansiz sedang bermain golf.

Dengan kata lain, kecintaannya pada dunia olahraga membuatnya juga sempat belajar golf selain sepak bola dan skating. Sedangkan di Twitter, Ilhan Mansiz terlihat lebih aktif dengan menyebarkan sejumlah konten positif.

Mulai dari mendoakan keselamatan temannya yang sedang sakit hingga negara Turki secara keseluruhan. Dari profilnya di Twitter jugalah terlihat kalau ia juga sedang menjalankan bisnis sebagai mantan pemain sepak bola.

Itulah Ilhan Mansiz, pahlawan Turki di Piala Dunia 2002 yang dipaksa pensiun dini tapi sukses mendapatkan semangatnya lagi di dunia skating.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%