Liga Indonesia

Deretan Barang Lelang Pesepak bola Indonesia Perangi Corona, Milik Marko Simic Termahal

Kamis, 9 April 2020 05:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Penyebaran virus corona masih terus meluas. Setidaknya hampir setiap hari jumlah penderita positif virus ini terus bertambah di Indonesia per Rabu (8/4/20), di mana 2.956 orang dinyatakan positif terpapar dan 240 di antaranya meninggal dunia.

Demi menekan penyebaran virus tersebut, pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan, mulai dari kegiatan seperti bekerja, belajar, dan beribadah di rumah saja.

Demi menjalankan program pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona di Indonesia, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi menghentikan Liga 1 dan Liga 2.

"Kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 untuk sementara waktu dihentikan," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, 22 Maret lalu.

Kebijakan ini mendapat respons beragam, namun hampir semua insan sepak bola Indonesia mendukung demi menekan penyebaran virus corona di Tanah Air.

Tak berhenti di situ, insan sepak bola yang melihat penyebaran virus corona di Indonesia masih tinggi pun ambil bagian membantu. Mereka seakan turut berperang melawan corona.

Sebagai besar pesepakbola Indonesia melelang barang berharga miliknya. Uang hasil lelang ini mereka donasikan untuk melawan penyebaran virus corona.

Hampir semua pesepak bola top Liga 1 melelang jerseynya. Sebut saja, pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak. Jerseynya berhasil terjual sebesar Rp5,1 juta.

"Puji syukur banyak yang berpartisipasi pada lelang jersey saya dan sepatu saya. Semoga hasil lelang ini bisa dimanfaatkan melawan corona dan bermanfaat," ucap Riko Simanjuntak kala itu.

Selain Riko yang melelang jerseynya ada pemain lainnya yang turut melelang jerseynya, Sebut saja Rizky Pora yang jerseynya tembus di harga Rp2,5 juta rupiah.

Muhammad Ridho melelang jersey dan sarung tangan, tembus di harga dua juta rupiah. Gunawan Dwi Cahyo melelang jersey, tembus di harga 1,7 juta rupiah.

Silvio Escobar melelang jersey, tembus di harga 2,1 juta rupiah dan Ambrizal Umanailo yang melelang jersey, tembus di harga 1,5 juta rupiah.

Sebagian pesepak bola Indonesia memang menyodorkan jersey, namun ada barang lain yang dilelang. Bomber Persija Jakarta, Marko Simic, ikut 'menyumbang' medali juara Liga 1 2018 miliknya, secara mengejutkan terjual dengan harga yang fantastis, yakni 26 juta rupiah.

“Saya sangat sedih dengan wabah COVID-19 yang kini melanda Indonesia, khususnya Jakarta. Kota ini adalah rumah kedua, cinta, dan segalanya. Jakarta telah memberi banyak hal untuk saya. Dukungan dari warganya, membuat saya istimewa dan deretan piala yang saya dapat," ucap Simic.

"Harga yang bagus, dan tentu mengejutkan. Sejujurnya ini tak ternilai, dan saya senang orang-orang mengambil sikap di kegiatan ini. Saya amat senang kita bisa saling membantu di masa yang sangat sulit ini," tukas Marko Simic

Inilah sebagian kecil sumbangsih pesepak bola Liga 1 dalam memerangi Corona di Indonesia. Setidaknya dari hal kecil ini dapat memberikan dampak positif dan jagat sepak bola nasional dapat segera kembali normal.