Bola Internasional

Apa Kabar Mauro Camoranesi, Winger Argentina yang Bawa Italia Juara Piala Dunia?

Jumat, 10 April 2020 20:05 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Claudio Villa - Inter/FC Internazionale via Getty Images
Mauro Camoranesi, namanya tenar sebagai winger Argentina yang berhasil bawa Italia juara Piala Dunia. Apa kabar Camoranesi kini? Copyright: © Claudio Villa - Inter/FC Internazionale via Getty Images
Mauro Camoranesi, namanya tenar sebagai winger Argentina yang berhasil bawa Italia juara Piala Dunia. Apa kabar Camoranesi kini?

INDOSPORT. COM - Mauro Camoranesi, namanya tenar sebagai winger Argentina yang berhasil bawa Italia juara Piala Dunia. Apa kabar Camoranesi kini?

Mungkin banyak yang tak menyadari, bahwa Camoranesi sejatinya berasal dari Argentina, bukan Italia. Sosoknya saja lahir di Tandil, salah satu kota di Argentina.

Camoranesi memulai karier sepak bolanya bersama klub lokal Argentina, Atlético Aldosivi, pada 1994. Mengembara ke klub Meksiko dan Uruguay, Camorenasi tak kunjung menemukan kesuksesannya.

Hingga musim panas 2000, kesempatan datang dari klub Serie A Italia, Hellas Verona. Camoranesi merantau ke Italia saat usianya menginjak 23 tahun.

Sejak pertama kali datang ke Hellas Verona, Camoranesi langsung memilih paspor Italia. Maklum, kakek buyut Camoranesi, Luigi Camoranesi, berasal dari Italia, sehingga hak spesial menjadi pemain Uni Eropa langsung bisa didapat.

Dua musim membela Verona, Camoranesi tampil mengesankan dan membuat Juventus mendekatinya. Akhirnya musim panas 2002, Camoranesi hijrah ke Si Nyonya Tua.

Camoranesi pun terus mampu menjaga konsistensi permainannya. Tahun 2003, Camoranesi dipanggil oleh pelatih Giovanni Trapattoni untuk membela Timnas Italia.

Perlu sebulan Camoranesi mempertimbangkan tawaran Timnas Italia. Camoranesi lantas menerimanya dan menjalani debut pada 12 Februari 2003 kontra Portugal, dalam sebuah laga uji coba internasional.

Pilihan tepat, sebab Camoranesi selalu menjadi langganan skuat Timnas Italia. Kariernya di Juventus juga begitu langgeng sampai 2010, baru kemudian gantung sepatu di klub tanah kelahirannya, Racing Club, pada 2014.

Prestasi paling manis Camoranesi terjadi pada 2006. Tampil membela Italia, Camoranesi berperan besar mengantarkan negaranya menjuarai Piala Dunia 2006, mengalahkan Prancis di laga puncak.

Ada alasan tersendiri Camoranesi akhirnya memilih Italia. Ketika berkarier dan tampil cemerlang, Argentina tak pernah menawarinya, sehingga begitu Italia meminta bergabung, Camoranesi langsung mengambilnya.

"Argentina tidak pernah datang melihat bakat saya, jadi saya tidak memilih mereka," ujar Camoranesi seperti dikutip dari Irishtime.

Kini, Camoranesi terhitung kurang lebih sudah enam tahun pensiun dari lapangan hijau. Apa kabar kini dirimu Camoranesi?

Pasca gantung sepatu, Camoranesi sibuk menekuni profesi baru sebagai pelatih. Ia memulai karier kepelatihan pada 2015 dengan membesut klub Meksiko, Coras de Tepic. 

Kiprah Camoranesi berlanjut ke tim Argentina, Tigre, lalu kembali ke Meksiko melatih Cafetaleros, hingga akhirnya sejak 2 Januari 2020 menangani tim Slovenia, Tabor Sezana.

IDS Emoticon Suka
Suka
25%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
25%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
38%
IDS Emoticon Marah
Marah
13%