Bola Internasional

Termasuk Buffon, 4 Kiper Ini Ternyata Dulunya Berposisi Sebagai Striker

Jumat, 10 April 2020 20:16 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Termasuk kiper Juventus, Gianluigi Buffon, empat kiper ini ternyata dulunya berposisi sebagai striker. Copyright: © Getty Images
Termasuk kiper Juventus, Gianluigi Buffon, empat kiper ini ternyata dulunya berposisi sebagai striker.

INDOSPORT.COM - Di balik kesuksesan seorang pemain sepak bola profesional, pasti memiliki sejarah panjang dalam proses mencapai tujuan dalam karirnya.

Dalam proses mencapai cita-cita, ada pemain yang sempat mencoba beberapa posisi supaya bisa menemukan bakat terbaiknya.

Bahkan ada beberapa kiper terbaik di Eropa yang dulunya pernah berposisi sebagai striker. Namun akhirnya posisi penjaga gawang lah yang membuat karirnya melambung tinggi hingga mendapatkan uang miliaran rupiah.

Berikut INDOSPORT.COM merangkum empat kiper yang dulunya berposisi sebagai striker:

1. David De Gea (Manchester United)

© GettyImages
David De Gea Copyright: GettyImagesDavid De Gea

Menjadi penjaga gawang andalan Manchester United di kompetisi Liga Inggris, David De Gea ternyata dulunya adalah seorang striker.

Dilansir dari Sportskeeda, eks pelatih David De Gea yakni Jose Mara Cruz mengaku kalau kiper asal Spanyol itu pernah mencetak banyak gol saat masih berusia 14 tahun.

Bahkan bakat pemain depan sering dilakukan oleh David de Gea saat hendak menangkis bola. Bukannya menggunakan tangan, David de Gea kerap tersorot menggunakan kakinya.

David de Gea juga sering melakukan blunder saat membela Manchester United yang berujuk kritik dari penggemar.

2. Keylor Navas (Paris Saint-Germain)

© Twitter/@PSG_Inside
Keylor Navas resmi ke Paris Saint-Germain. Copyright: Twitter/@PSG_InsideKeylor Navas resmi ke Paris Saint-Germain.

Penjaga gawang asal Kosta Rika ini merupakan mantan striker sebelum berusia 17 tahun. Saat pertama kali mengenal si kulit bundar, sebenarnya jiwa Keylor Navas ingin menangkap bola.

Namun saat masuk sekolah sepak bola, ia malah ditempatkan sebagai striker. Keylor Navas pun kemudian memiliki gerakan lari yang lincah dan penguasaan bola yang bagus.

Namun saat berusia 17 tahun, ia diminta berada di bawah mistar. Keylor Navas kemudian membuktikan bakatnya hingga pelatih memutuskan ia menjadi penjaga gawang.

Pergantian posisi itu kemudian ia tekuni hingga berhasil menjadi kiper handal dalam kariernya di Eropa. Keylor Navas bahkan sempat menjadi andalan klub besar Real Madrid.

3. Loris Karius (Besiktas)

© Getty Images
Loris Karius, kiper anyar Besiktas. Copyright: Getty ImagesLoris Karius, kiper anyar Besiktas.

Eks kiper Liverpool ini dulunya juga berposisi sebagai striker di masa sekolah. Namun suatu ketika saat ada pertandingan salah seorang penjaga gawang tidak bisa hadir.

Loris Karius pun kemudian merasa tertantang untuk mencoba posisi baru sebagai kiper. Alhasil Loris Karius justru tampil mengesankan dan ia sangat menikmati posisi barunya.

Hingga akhirnya Loris Karius menekuni posisi penjaga gawang tersebut hingga sukses berkarier di sejumlah klub elite Eropa meski namanya sempat tercoreng karena blunder di laga final Liga Champions 2018. Ia saat ini menjadi pemain pinjaman klub Bundesliga Jerman, Besiktas dari Liverpool.

4. Gianluigi Buffon (Juventus)

© Grafis:Ynt/Indosport.com
Gianluigi Buffon (Inter Milan). Copyright: Grafis:Ynt/Indosport.comGianluigi Buffon (Inter Milan).

Siapa sangka, kiper legendaris asal Italia ini ternyata dulunya pernah merasakan banyak posisi mulai dari striker, gelandang, winger hingga bek tengah.

Dilansir dari Football Italia, saat Gianluigi Buffon direkrut klub AC Parma pada 1991 silam, ia masih berposisi sebagai striker. Namun saat ada kiper AC Parma yang menderita cedera, Gianluigi Buffon merasa tertantang untuk mengganti posisinya.

Gianluigi Buffon kemudian sangat menikmati posisi di bawah mistar hingga akhirnya sukses menjadi penjaga gawang terbaik di dunia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%