Liga Indonesia

Kantongi Lisensi Kepelatihan B AFC, Apa Rencana Zulkifli Syukur Berikutnya?

Minggu, 12 April 2020 02:45 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Rafif Rahedian
© Media PSM Makassar
Bek sayap milik klub Liga 1 PSM Makassar, Zulkifli Syukur, telah resmi mengantongi lisensi kepelatihan B AFC pada pertengahan Maret lalu. Copyright: © Media PSM Makassar
Bek sayap milik klub Liga 1 PSM Makassar, Zulkifli Syukur, telah resmi mengantongi lisensi kepelatihan B AFC pada pertengahan Maret lalu.

INDOSPORT.COM - Bek sayap milik klub Liga 1 PSM Makassar, Zulkifli Syukur, telah resmi mengantongi lisensi kepelatihan B AFC pada pertengahan Maret lalu. Lalu, apa rencana selanjutnya dari pesepakbola berusia 35 tahun ini?

Sebanyak 96 pelatih yang terbagi ke dalam empat lokasi berbeda telah menyelesaikan kursus pelatih untuk modul dua. Zulkifli sendiri menjalaninya di Denpasar, Bali, bersama 23 pelatih sepak bola lainnya yang menjadi peserta gelombang pertama.

Sebagai mantan penggawan Timnas Indonesia, Zulkifli tak sendiri mengikuti kursus kepelatihan lisensi B AFC di Denpasar. Ada juga beberapa eks rekan sejawatnya seperti Muhammad Nasuha, Arif Suyono, Taufiq Kasrun, Ambrizal, dan Agus Indra Setiawan.

"Alhamdulillah kursus pelatih untuk modul duanya sudah selesai bulan lalu. Saya sudah punya linsensi pelatih B AFC sekarang," ungkap Zulkifli kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT via aplikasi pesan instan WhatsApp, Sabtu (11/04/20).

Zulkifli sendiri sudah mantap ingin menjadi pelatih sepak bola apabila memutuskan untuk gantung sepatu nanti. Namun, perihal rencana selanjutnya, eks Arema FC dan Persib Bandung, ini belum menentukan secara pasti.

Ayah tiga anak ini mengaku berada dalam posisi yang dilematis, di satu sisi ingin melanjutkan kursus ke jenjang lebih tinggi. Namun, di sisi lain Zulkifli rupanya belum berpikir untuk melatih sebuah klub ataupun sekolah sepak bola dalam waktu dekat.

"Insya Allah kalau ada panggilan, saya langsung tancap ke kursus pelatih lisensi A AFC. Tapi untuk saat ini saya belum mau melatih, ini hanya bekal saya nantinya jika sudah pensiun," tutur pesepakbola yang identik dengan nomor punggung 3 ini.

Langkah Zulkifli Syukur mengambil lisensi kepelatihan sebelum memutuskan pensiun sepertinya bakal diikuti pemain PSM Makassar lainnya. Salah satu contohnya ialah Ferdinand Sinaga yang secara terang-terangan ingin menyusul kompatriotnya tersebut.