Liga Indonesia

Mundur dari Sekjen PSSI, Wasit FIFA Puji Habis Ratu Tisha

Senin, 13 April 2020 20:54 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Ratu Tisha saat ditemui wartawan. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Ratu Tisha saat ditemui wartawan.

INDOSPORT.COM - Ratu Tisha Destria meletakkan jabatan sebagai Sekjen PSSI Pusat, Senin (13/04/20). Melalui surat terbuka yang ia posting di Instagram pribadinya, Tisha menyatakan pamit dari posisi vital di tubuh otoritas tertinggi sepak bola Indonesia.

Keputusan mundur dari perempuan berusia 35 tahun itu mendapat komentar dari pelaku sepak bola. Termasuk wasit berlisensi FIFA asal Kudus, Dwi Purba Adi Wicaksana.

"Kalau saya mengamati saat bertemu, beliau orangnya smart, lugas dan memang benar-benar paham tentang sepak bola. Beliau selalu memberikan support kepada kami yang bertugas di perwasitan," kata Dwi Purba kepada INDOSPORT, Senin (13/04/20) malam.

Pria berusia 31 tahun itu memaparkan, selama ini dirinya biasa bertemu dalam agenda penyegaran wasit jelang kompetisi. Dalam kesempatan itu, Tisha juga memberikan banyak pemaparan dan ide-ide apik guna semakin mengangkat kinerja pengadil lapangan.

"Beliau saya kira juga punya komunikasi yang kuat dengan AFC maupun FIFA. Terbukti Indonesia bisa jadi tuan rumah Piala Dunia U-20," ujar dia.

"Selain paham akan sepak bola, beliau juga sering mendengarkan keluh-kesah dari teman-teman wasit di lapangan. Kendala selama di lapangan dan beliau selalu menampung itu demi peningkatan kualitas wasit," tambah Purba.

Tisha sendiri merupakan sekjen wanita pertama Indonesia. Dia menempati posisi penting itu di era PSSI kepemimpinan Edy Rahmayadi.