Liga Indonesia

Selama Ditundanya Liga 1, Apa yang Dilakukan Para Pemain PSM Makassar?

Selasa, 14 April 2020 09:06 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Coro Mountana
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selama Ditundanya Liga 1, Apa yang Dilakukan Para Pemain PSM Makassar? Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selama Ditundanya Liga 1, Apa yang Dilakukan Para Pemain PSM Makassar?

INDOSPORT.COM - Berbagai aktifitas dilakukan oleh para pemain klub Liga 1, PSM Makassar selama mendapatkan jatah libur dari manajemen. Namun rupanya, bersepeda menjadi pilihan utama sejumlah pemain selama kompetisi Liga 1 2020 terhenti.

Sejak Senin (16/03/20) lalu, Liga 1 2020 resmi dihentikan oleh PSSI dan PT LIB akibat pandemi virus corona di Indonesia. Sejumlah pemain lokal PSM yang berasal dari luar kota Makassar pun memilih untuk pulang ke kampung halaman masing-masing.

Tentu saja, para pemain PSM dituntut untuk menjaga kondisi kebugaran selama tak ada jadwal latihan rutin. Beberapa di antaranya pun memilih untuk bersepeda sebagai alternatif selain tetap menjalankan materi workout yang diberikan oleh pelatih Bojan Hodak.

"Pemain dituntut untuk tetap menjaga kondisi kebugarannya selama libur. Pelatih Bojan Hodak pun telah memberikan materi workout untuk dikerjakan oleh seluruh pemain," ungkap Media Officer PSM, Sulaiman Abdul Karim beberapa waktu lalu.

Adapun beberapa pemain PSM yang rutin bersepeda baik ketika pagi maupun sore ialah Miswar Saputra, Hilmansyah, Dedy Gusmawan, M Arfan, Irsyad Maulana, dan Ahmad Agung. Mereka sering mengunggah momen di instagram pribadinya masing-masing.

Sebut saja Miswar, kiper berusia 23 tahun ini beberapa kali mengunggah sebuah video berspeda mengeliling Kota Aceh. Ia tak sendiri sebab sering bersama bek tengah milik Borneo FC yang berasal dari Aceh juga, yakni Andri Muladi.

Begitupun dengan kiper lainnya, Hilman yang sering bersepeda bersama rekan-rekannya di Kecamatan Turatea, Kabupaten Jeneponto. Begitupun dengan Arfan yang gowes bersama eks PSM, Ahmad Hari mengelilingi Kota Daeng setiap sore harinya.

Tak ingin kalah, duo pemain eks Semen Padang milk PSM, Dedy Gusmawan dan Irsyad Maulana bahkan sering menghabiskan setiap paginya dengan bersepeda selama kurang lebih satu jam. Dedy melakukannya di Medan sedangkan Irsyad di Padang.

Rupanya, olahraga bersepeda memang menjadi pilihan utama para pemain PSM guna menjaga kondisi kebugarannya selama libur. Seperti yang diungkapkan Ahmad Agung Setia Budi yang juga melakukan hal demikian di kampung halamannya, Demak.

"Saya sering sepedaan setiap sore hari keliling kampung dan kadang juga jogging pake (menggiring) bola. Biar stamina tetap terjaga dan tidak jenuh juga," ungkap Agung kepada INDOSPORT beberapa waktu lalu.

Rencananya, para pemain PSM Makassar akan kembali berkumpul di Kota Daeng pada 1 Juni 2020 mendatang apabila situasi pandemi virus corona telah mereda. Sebab pelatih Bojan Hodak telah menjadwalkan menghelat latihan rutin di Stadion Andi Mattalatta.