Liga Indonesia

Apa Kabar Roy Darwis? Legenda yang Bawa Persib Juara Perserikatan dan Liga Indonesia

Rabu, 15 April 2020 20:33 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

‎INDOSPORT.COM - Persib Bandung berhasil meraih gelar juara pada kompetisi perserikatan terakhir 1993/1994 dan kompetisi Liga Indonesia musim pertama 1994/1995.

Salah satu pemain yang turut mengantarkan skuat Maung Bandung meraih gelar juara pada kompetisi Perserikatan dan Liga Indonesia tersebut yakni, Roy Darwis yang juga adik kandung dari mantan kapten Persib, Robby Darwis.

Selama memperkuat Persib, Roy merupakan salah satu pemain andalan di lini pertahanan skuat Maung Bandung dan memutuskan untuk gantung sepatu seusai kompetisi Liga Indonesia 1997/1998. Setelah pensiun dari tim kebanggaan Bobotoh, apa kabar Roy Rarwis?.

Roy menuturkan, setelah memperkuat Persib ia memutuskan untuk berhenti menjadi pesepak bola profesional dan fokus bekerja di salah satu Dinas di Kota Bandung hingga saat ini.

"Kebetulan pas waktu pindah ke Bandung sekitar 1992 sudah langsung dijanjikan masuk kerja sama Pak Wali Kota di tempatkan. Tadinya saya minta ke Bank tapi dikasih SK pengangkatan PNS, Alhamdulillah juga sampai sekarang," kata Roy kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Meski sudah tidak aktif sebagai pesepakbola profesional, Roy mengaku tetap bermain sepak bola bersama rekan-rekannya sesama mantan pemain Persib.

Apalagi, menurutnya di tempat kerjanya mayoritas merupakan rekan-rekan setimnya yang sama-sama membawa tim kebanggaan Bobotoh meraih gelar juara di era Perserikatan dan Liga Indonesia.

"Aktif sepak bola sih gak begitu, cuman untuk menjaga badan saja, tapi masih main bola di Pemkot kan hampir 95 persen mantan Persib 93, jadi ada rutin latihan. Terus kaya kemarin acara yang dari sponsor Persib tour, jadi biar awet muda saja," ucap Roy tersenyum.

Meski memiliki keahlian mengolah si kulit bundar, namun Roy enggan mengikuti jejak kakaknya yang saat ini menjadi pelatih. Sebagai informasi, Robby Darwis saat ini menjadi pelatih PSKC Cimahi di Liga 2 2020.

"Ngambil lisensi pelatih?, enggak kayanya karena lihat juga di Bandung banyak pelatih yang punya lisensi tapi cuma pegang SSB kasihan, jadi mending fokus kerja saja, ada bagian-bagiannya," ungkap Roy.

Selain itu, di sela-sela kesibukannya sebagai PNS, Roy tetap menyempatkan waktu untuk melihat perkembangan Persib yang di kompetisi Liga 1 2020 sudah mengoleksi 9 poin dari tiga laga yang sudah dilakoninya.