Liga Indonesia

Tetap Bugar di Usia Senja, Bek Sayap Veteran Bali United Bongkar Rahasianya

Rabu, 15 April 2020 10:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bek veteran Bali United, Michael Orah. melakukan sapuan untuk mengamankan gawang, Kamis (15/8/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bek veteran Bali United, Michael Orah. melakukan sapuan untuk mengamankan gawang, Kamis (15/8/19).

INDOSPORT.COM - Bek Bali United, Michael Orah, mampu tampil konsisten selama 15 tahun berkarier sebagai pesepak bola profesional. Disiplin menjadi salah satu kunci hingga bisa bertahan di kasta tertinggi.

Orah mengawali karier bersama Persmin Minahasa pada 2006. Setelah itu, dia menjelajahi klub-klub yang ada di lima pulau berbeda, mulai dari PSIR Rembang, Barito Putera, PSPS Pekanbaru, Persepam Madura, Mitra Kukar, Borneo FC, Kalteng Putra, hingga Persija Jakarta.

Tentu saja mempertahankan karier selama 15 tahun bukan tugas mudah. Michael Orah pun punya rahasia supaya penampilannya tetap konsisten saat usianya kini sudah 34 tahun.

"Mengandalkan Tuhan, menjaga kebugaran setiap hari, serta istirahat yang cukup. Saya ingin selalu memberikan permainan terbaik dengan kerja keras, disiplin, dan tanggung jawab di atas lapangan," ucap Orah, Senin (13/4/20).

Pertarungan di sektor kiri sangat ketat. Di Bali United, ada sosok Ricky Fajrin dan Anan Lestaluhu. Dua bek ini jauh lebih muda dari Orah.

Namun, energi Orah tidak kalah dari dua rekannya. Musim lalu, Orah tampil dalam 17 pertandingan, naik ketimbang tahun sebelumnya saat berseragam Persija Jakarta dan ikut andil mendatangkan trofi juara Liga 1 2018 (11 kali).

Sekadar mengingatkan, Bali United bersama klub Liga 1 lainnya terpaksa meliburkan skuat lantaran PSSI dan PT LIB menghentikan kompetisi untuk sementara selama pandemi virus corona masih ada di Indonesia.