Bola Internasional

Gara-gara Keputusan PSSI-nya Thailand, Bintang Timnas Indonesia Terancam

Kamis, 16 April 2020 19:35 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Yanto Basna terancam tak bisa bela Timnas Indonesia di ajang Piala AFF setelah PSSI-nya Thailand buat keputusan baru. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Yanto Basna terancam tak bisa bela Timnas Indonesia di ajang Piala AFF setelah PSSI-nya Thailand buat keputusan baru.

INDOSPORT.COM - Bintang Timnas Indonesia, Yanto Basna, kini gigit jari tak bisa bela negara setelah Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) atau yang lebih dikenal PSSI-nya Negeri Gajah Putih membuat keputusan baru.

FAT dikabarkan membuat regulasi ketika mengadakan pertemuan pada Selasa(14/04/20) lalu. Dilansir laman berita Siam Sport, segala kompetisi sepak bola bakal diundur hingga bulan September mendatang karena virus Corona.

Alhasil hal ini juga berimbas ke Thai League 1, turnamen sepak bola divisi teratas Thailand yang dilakoni Yanto Basna. Seperti diketahui sebelumnya, pemain bertahan asal Sorong ini tergabung dalam klub Prachuap FC.

Selain Prachuap FC ada 13 klub sepak bola lain di antaranya Chonburi FC, Buriram Untied, dan Bangkok United yang bakal memulai pertandingan kelima mereka di bulan ke sembilan tahun ini.

Gara-gara perubahan jadwal ini maka akan terjadi bentrokan antara Thai League 1 dengan kompetisi Piala AFF yang bakal dihelat 23 November-31 Desember 2020 nanti. Karena Piala AFF tak masuk kalender FIFA, maka klub-klub peserta liga Thailand juga tidak memiliki kewajiban melepas para pemainnya untuk bela timnas.  

Apalagi peluang Yanto Basna untuk izin dari Prachuap FC sangat kecil karena menjadi salah satu pemain bertahan andalan usai diberikan waktu main secara full time. Bek berusia 24 tahun ini lantas dipastikan absen dan hanya bisa melihat perjuangan rekan sekompatriot Timnas Indonesia lewat layar kaca.

Tak heran berkat kabar kurang menyenangkan ini memaksa Shin Tae-yong selaku pelatih Tim Merah Putih harus memutar otak. Kehilangan Yanto Basna mungkin bisa digantikan oleh Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin, atau pemain naturalisasi baru, Otavio Dutra.

Yanto Basna tercatat kerap membela Timnas Indonesia sejak tahun 2016 lalu dan sempat mencatatkan debut manis ketika menggulung Malaysia 3-0 pada laga persahabatan. Sempat bela Sriwijaya FC tahun 2017, dirinya melebarkan sayap ke Liga Thailand setahun kemudian.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%