Liga Indonesia

Sejarah PSM Hari Ini: 16 April, Gol Cepat Hingga Kembalinya si Anak Hilang

Kamis, 16 April 2020 19:29 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Lanjar Wiratri
© Ofisial PSM
Klub elite Liga 1, PSM Makassar memiliki dua momen bersejarah tepat pada tanggal 16 April ini. Copyright: © Ofisial PSM
Klub elite Liga 1, PSM Makassar memiliki dua momen bersejarah tepat pada tanggal 16 April ini.

INDOSPORT.COM - Klub elite Liga 1, PSM Makassar memiliki dua momen bersejarah tepat pada tanggal 16 April ini. Pada dua laga yang berbeda, Pasukan Ramang sukses mengukir sebuah gol cepat hingga kembalinya si anak hilang, Ferdinand Sinaga.

Bagaimanakah kisahnya? Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkum jalannya kedua laga bersejarah PSM tersebut untuk Anda.

16 April 2017
PSM melakoni laga perdana diajang Liga 1 2017 melawan Persela Lamongan di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (16/04/20). Pasukan Ramang sukses meraih kemenangan besar dengan skor 3-1 lewat gol Reinaldo Elias da Costa, Willjan Pluim, dan M Rahmat.

Pada laga tersebut, sebuah rekor diciptakan oleh PSM lewat aksi penyerang asingnya, Reinaldo. Pesepakbola kelahiran Brasil berpaspor Australia ini mencetak gol cepat, tepatnya didetik ke-48 yang menjadi rekor sepanjang perhelatan Liga 1 2017.

Penyerang berkepala plontos ini mencetak gol gawang Persela yang dikawal Chorul Huda memanfaatkan situasi bola mati. Reinaldo sukses mengungguli bek asing Marcio Rozario untuk menyambut sepakan kapten PSM kala itu, Hamka Hamzah.

Selain gol tercepat dari kaki Reinaldo, laga tersebut juga mengukir rekor lain yakni keluarnya kartu merah perdana diajang Liga 1 2017. Wasit Kusni mengusir bek Persela, Aang Suparman dimenit ke-60 dan penyerang PSM, Ferdinand Sinaga, enam menit jelang bubaran.

Laga ini juga sempat terjadi sebuah insiden konyol kala pelatih Robert Alberts belum memahami regulasi baru yang diterapkan diajang Liga 1 2017. Akibatnya, Marc Klok gagal menjalani laga debut setelah PSM menghabiskan jatah tiga pergantian pemain di atas 23 tahun.

16 April 2018
PSM melakoni pekan keempat Liga 1 2018 dengan menantang Barito Putera di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Senin (16/04/18). Laga tersebut berakhir dengan kekalahan 1-2 akibat ulah dua legiun asing tuan rumah, Douglas Packer dan Matias Cordoba dimenit ke-90+1.

Sejatinya, PSM bisa saja mencuri satu poin kala mampu menyamakan kedudukan dimenit ke-16 lewat aksi Ferdinand Sinaga. Gol tersebut menandai kembalinya si anak hilang ini setelah sempat berlabuh ke klub Malaysia, Kelantan FA, pada awal Januari 2018.

Pesepakbola berjuluk The Dragon ini hanya bertahan selama dua bula lebih di Kelantan FA. Setelah mengundurkan diri, Ferdinand pun memilih kembali ke PSM pada 23 Maret 2018 dan resmi diikat kontrak dengan durasi yang sangat lama, yakni tiga musim.

Gol Ferdinand ke gawang Barito tersebut terjadi melalui skema serangan balik cepat yang sangat unik. Ia memanfaatkan long pass kiper PSM kala itu, Shahar Ginanjar yang berhasil memotong umpan tendangan bebas pemain tuan rumah, Nazar Nurzaidin.

Tanpa berlama-lama memeluk si kulit bundar, Shahr langsung melepas tendangan keras yang menemukan Ferdinand berdiri bebas tak terkawal. Berhadapan satu lawan satu dengan Aditya Harlan, The Dragon dengan dingin mengelabui kiper Barito tersebut.